Senin 19 Feb 2024 14:24 WIB

Lewat Lagu, Rapper Israel Serukan Pembunuhan Atas Dua Lipa, Bella Hadid, dan Mia Khalifa

Dua Lipa, Bella Hadid, dan Mia Khalifa termasuk selebritas pendukung Palestina.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Inggris keturunan Albania, Dua Lipa, terkenal vokal membela Palestina. Duo rapper asal Israel, Ness Ve Stilla, serukan pembunuhan atas Dua Lipa, Bella Hadid, serta Mia Khalifa melalui lagu.
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Penyanyi Inggris keturunan Albania, Dua Lipa, terkenal vokal membela Palestina. Duo rapper asal Israel, Ness Ve Stilla, serukan pembunuhan atas Dua Lipa, Bella Hadid, serta Mia Khalifa melalui lagu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duo rapper asal Israel, Ness Ve Stilla, menyerukan pembunuhan atas Dua Lipa, Bella Hadid, serta Mia Khalifa melalui lagu mereka. Ketiga figur publik tersebut diketahui cukup vokal dalam menyuarakan dukungan mereka untuk warga Palestina.

Lagu berjudul "Harbu Darbu" ini pertama kali diunggah pada 14 November 2023 melalui kanal Youtube Ness Ve Stilla. Per Senin (19/2/24), video musik lagu "Harbu Darbu" telah ditonton sebanyak 19 juta kali dan memeroleh 140 ribu like di YouTube. Selain itu, lagu ini juga memuncaki tangga lagu Israel bernama Mako.

Baca Juga

Lagu yang merupakan dukungan untuk Israel Defense Force (IDF) ini berisikan daftar nama-nama orang yang mereka anggap bertanggung jawab atau mendukung serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober lalu. Melalui lagu ini, duo rapper tersebut menyetarakan orang-orang yang mereka kecam dengan hewan tikus dan juga anjing yang layak untuk mati.

"Sekumpulan tikus keparat (Hamas) keluar dari terowongan, berlagak seperti jagoan. Kalian idiot. Saya bersumpah tak akan ada pengampunan. Kalian pikir kalian siapa, datang ke sini dan berteriak 'Bebaskan Palestina'," demikian bunyi bait pertama dalam lagu "Harbu Darbu", seperti dikutip dari LyricsInventory pada Senin (19/2/2024).

 

Lirik lagu "Harbu Darbu" berisikan seruan yang mendukung IDF untuk menembak orang-orang yang mereka anggap pantas mati sebagai balasan atas serangan 7 Oktober. Beberapa di antaranya adalah Sekretaris Jenderal Hezbollah Hassan Nasrallah, Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, serta Komandan Militer Hamas Mihammed Deif.

Duo rapper ini juga menyebut tiga nama selebritas yang vokal menyuarakan dukungan mereka untuk Palestina, yaitu penyanyi Dua Lipa, supermodel Bella Hadid, serta influencer Mia Khalifa. Dalam lagu ini, Ness Ve Stilla menyebut ketiga selebritas tersebut sebagai anjing yang akan segera menemui ajal mereka.

"Bella Hadid, Dua Lipa, Mia Khalifa. Giliran kalian akan datang. Semua unit IDF akan datang untuk melakukan 'harbu darbu' di kepala mereka," ujar Ness Ve Stilla melantunkan lirik lagu sambil mengacungkan jari tengah di dalam video musik.

photo
Model asal AS, Bella Hadid, mendonasikan penghasilannya dari Paris Fashion Week 2022 untuk Ukraina dan Palestina. - ( EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON)

"Harbu darbu" merupakan istilah dalam bahasa Ibrani yang diambil dari bahasa Arab. Seperti dilansir Independent, "harbu darbu" dalam bahasa Ibrani memiliki arti "hujaman serangan terhadap lawan". Sedangkan dalam bahasa Arab, "harbu darbu" berarti "serangan perang" atau "aniaya".

Ness Ve Stilla menciptakan "Harbu Darbu" sebagai lagu patriotik yang mengglorifikasi serangan IDF terhadap warga Palestina. Oleh karena itu, lagu ini menuai banyak dukungan dari warga Israel dan orang-orang dari negara lain yang mendukung Israel.

Namun di sisi lain, tak sedikit pula warganet yang mengecam lagu "Harbu Darbu". Beberapa bahkan mengejek kemampuan rap Ness Ve Stilla karena duo tersebut dianggap tidak mampu mengartikulasikan lirik lagu mereka dengan jelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement