Rabu 24 Feb 2021 11:48 WIB

Jenis Vitamin dan Nutrisi Ini Cegah Berkembangnya Covid-19

Penelitian awal buktikan vitamin C, B3, D dan zinc bantu pemulihan pasien Covid-19

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Vitamin/ilustrasi. Penelitian awal buktikan vitamin C, B3, D dan zinc bantu pemulihan pasien Covid-19
Foto:

Lalu, Vitamin D juga memiliki peran penting dalam kekebalan, karena bentuk aktifnya berinteraksi dengan reseptor vitamin D (VDR) pada inti sel kekebalan.  Ini merangsang pembentukan peptida antimikroba, seperti cathelicidins dan defensins, agen spektrum luas melawan dan berbagai patogen. Sehingga memperkuat respons imun bawaan.

Di sisi lain, vitamin D memodulasi respon imun adaptif, termasuk pelepasan sitokin inflamasi. Ini dapat menurunkan kadar sitokin dalam Covid-19 dan dengan demikian mencegah badai sitokin yang mendasari presentasi Covid-19 yang parah. 

Kekurangan vitamin D dianggap sebagai faktor risiko COVID-19 di antara orang tua, orang kulit hitam, orang dengan indeks massa tubuh lebih tinggi, dan perokok.

Sedangkan Zinc terlibat dalam respons imun bawaan dan adaptif, mulai dari perkembangan sel imun dan seterusnya, melalui integritas mukosa.  Suplementasi dengan zinc telah ditemukan untuk mengurangi infeksi saluran pernafasan pada anak-anak, dan mengurangi pilek sehari. Namun, para peneliti sedang menguji menguji efek suplementasi zinc pada Covid-19.

 

Ia menambahkan vitamin B3 juga amat baik mencegah dan mengobati pasien Covid-19."Kekurangan vitamin B3 menyebabkan pellagra dan suplementasinya dapat membantu menghindari kelemahan terkait usia.  Virus Corona menyandikan enzim yang menentang aktivasi jalur PARP. Sehingga mencegah penipisan NAD," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement