Ahad 22 Oct 2023 12:15 WIB

Tak Hanya Kalsium, Ini Zat yang Diperlukan Agar Terhindar dari Risiko Osteoporosis

Kalsium bukan satu-satunya zat yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Minum susu bisa cegah osteoporosis.
Foto: sheknows.com
Minum susu bisa cegah osteoporosis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika bicara tentang menjaga kesehatan tulang, seseorang akan berpikir tentang kalsium. Semua orang sudah familier dengan kalsium sebagai zat untuk kesehatan tulang.

Ternyata, kalsium bukanlah satu-satunya zat yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Konsultan Sendi Lutut dan Panggul Eka Hospital BSD, dr Jamot Silitonga menjelaskan kalsium merupakan zat mineral yang paling dibutuhkan tubuh. Mereka memiliki fungsi menjaga pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi agar tetap kuat. 

Baca Juga

Selain di dalam susu, kalsium juga bisa Anda temukan di makanan seperti brokoli, kacang kedelai, sarden, dan tofu.

Tanpa disadari, kesehatan tulang pasti akan mengalami penurunan kualitas seiring bertambahnya usia. "Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui kandungan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit tulang yang bisa terjadi saat usia tua, seperti osteoporosis," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (22/10/2023).

 

Ia menjelaskan pengeroposan tulang atau osteoporosis merupakan masalah degeneratif yang menyebabkan kepadatan tulang berkurang atau mengeropis dan lebih lemah akibat dari menurunnya kualitas tulang akibat beberapa faktor, seperti usia. Kekurangan nutrisi bisa berdampak pada kesehatan tulang dan membuatnya mengalami pengeroposan lebih cepat, sehingga tulang menjadi lebih rentan untuk mengalami osteoporosis saat tua nanti.

Selama tumbuh dewasa, seseorang mengonsumsi susu yang kaya akan kalsium karena diketahui dapat menjaga serta memastikan pertumbuhan tulang tumbuh dengan baik. "Tapi yang banyak tidak orang tahu, tulang tidak hanya mengandalkan kalsium untuk bisa tetap terjaga kesehatannya," tambahnya. 

Menjaga kesehatan tulang tidak hanya melalui kalsium saja, berikut beberapa kandungan yang juga dibutuhkan tulang untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap terjaga.

1. Vitamin D

Vitamin D dan kalsium merupakan bagaikan sebuah pasangan yang tidak dapat dipisah. Ini dikarenakan untuk dapat menyerap dengan maksimal. Kalsium membutuhkan asupan vitamin D yang cukup sehingga tubuh dapat menyerap kalsium yang kita dapatkan dari makanan dengan optimal. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 600 sampai 800 IU per hari.

Salah satu sumber vitamin D adalah....

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement