Kamis 11 Feb 2021 06:45 WIB

7 Kebiasan yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantung

Ahli ungkapkan tujuh kebiasaan yang bisa tingkatkan kesehatan jantung secara drastis.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Nora Azizah
Ahli ungkapkan tujuh kebiasaan yang bisa tingkatkan kesehatan jantung secara drastis.
Foto:

Coba gabungkan jalan-jalan sore ke dalam rutinitas harian, misalnya menerima panggilan kantor sambil berjalan bolak-balik di kamar, memilih berjalan kaki ke tempat dekat daripada mengemudi, dan menggunakan tangga alih-alih lift.

Plutzky menambahkan, sangat penting melakukan gerakan disukai, seperti yoga, bersepeda, bermain golf, atau menari. Latihan seharusnya tidak terasa seperti hukuman ketika sudah berkomitmen dan benar-benar ingin melakukannya.

4. Lebih banyak tidur siang atau istirahat penuh semalaman

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko masalah jantung. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup, meskipun tidur sebentar di siang hari.

Namun, hal terpenting yang harus dilakukan dalam hal ini adalah tidur cukup selama tujuh jam sampai delapan jam setiap malam. Mulai bersantai setidaknya 30 menit sebelum tidur. Sedapat mungkin jauhkan laptop kerja dan pemicu stres lainnya dari tempat tidur.

5. Temukan sesuatu yang menenangkan otak selama 10-15 menit

Menghilangkan stres adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung. Tentu saja, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan dalam pandemi Covid-19.

Cobalah untuk menyisihkan sebagian kecil waktu untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti memblokir berita, email kantor, teks, atau lainnya. Gunakan waktu itu untuk melakukan kerajinan kreatif, membaca buku, menelepon teman-teman, melihat hewan peliharaan yang akan diadopsi, atau apapun yang memberikan kesenangan dan relaksasi.

6. Tetapkan patokan tambahan jika berat badan adalah faktornya

Berat badan tidak selalu menjadi indikator kesehatan secara keseluruhan dan penampilan tertentu seseorang tidak berarti berisiko atau tidak berisiko. Meskipun demikian, penelitian memang menunjukkan, orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan cenderung berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Bruemmer mencatat, penurunan berat badan yang besar tidak selalu diperlukan untuk mendapatkan hasil yang menyehatkan jantung. Jika penurunan berat badan diperlukan untuk kesehatan secara keseluruhan, menetapkan tujuan yang dapat dicapai adalah kuncinya.

"Bahkan perubahan kecil berdampak dramatis pada kesehatan Anda... Kehilangan lima pon akan berdampak penting pada tekanan darah, kolesterol dan diabetes," kata dia.

7. Cobalah berhenti merokok

Merokok bukanlah kebiasaan yang mudah dihentikan, tetapi penting dicoba, terutama karena merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok. Sebaliknya, kata Plutzky, berhenti merokok sangat meningkatkan kesehatan, tidak hanya dalam hal risiko penyakit jantung tetapi juga risiko kanker dan penyakit paru-paru.

"Kami sangat mendorong masyarakat untuk tidak memulai, tapi jika sudah mulai, berusahalah untuk berhenti," ucap dia.

Plutzky mencatat, banyak orang tidak dapat berhenti pada upaya pertama mereka, tetapi mereka tidak boleh berkecil hati dan harus terus mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement