Kamis 19 Oct 2023 09:31 WIB

Gemar Melakukan Olahraga Malam? Simak Tips Berikut Ini

Lakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Friska Yolandha
Jogging. Agar olahraga malam berjalan dengan baik dan menyehatkan, ada beberapa tips dan trik untuk olahraga malam.
Foto: Istimewa
Jogging. Agar olahraga malam berjalan dengan baik dan menyehatkan, ada beberapa tips dan trik untuk olahraga malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Olahraga juga bisa dilakukan kapan saja, pagi siang, sore ataupun malam. 

Bagi orang yang sibuk bekerja, olahraga malam biasanya menjadi pilihan. Apa saja manfaat olahraga malam? Bagaimana tips olahraga malam yang baik?

Baca Juga

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Subspesialis Jantung dan Pembuluh Darah Kardiologi Intervensi RS Pondok Indah, dr Nanda Iryuza, menjelaskan olahraga sangat baik dilakukan, dan tidak ada waktu khusus yang direkomendasikan. Baik pagi, siang, sore, maupun malam hari, asalkan seseorang tersebut memiliki waktu istirahat yang cukup. Olahraga harus dilakukan sesuai dengan kemampuan fisik, tidak dianjurkan melakukan olahraga yang memiliki beban yang melebihi kemampuan fisik seseorang.

"Olahraga malam, terutama yang bersifat aerobik dapat dilakukan untuk meningkatkan kebugaran fisik," ujarnya.

 

Salah satu manfaat dari berolahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ada beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan untuk kesehatan jantung. 

Untuk menjaga kesehatan jantung, menurutnya, dianjurkan melakukan kegiatan yang bersifat aerobik, dan memiliki frekuensi yang rutin, serta intensitas yang meningkat secara bertahap.

"Bagi Anda yang sudah memiliki masalah pada organ jantung, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah apabila ingin memulai olahraga, supaya dapat diperiksa terlebih dahulu kondisi tubuhnya dan disesuaikan jenis serta durasi olahraga yang tepat," ujarnya kepada Republika.co.id, Rabu (18/10/2023).

Agar olahraga berjalan baik, ada beberapa tips....

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement