Rabu 11 May 2016 09:48 WIB

Hii... Pulau Ini Dihuni Boneka Menyeramkan

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
La Isla de la Munecas
Foto: Atlasobscura
La Isla de la Munecas

REPUBLIKA.CO.ID, TESHULIO -- Boneka merupakan benda yang identik dengan keimutan dan selalu terasa menyenangkan. Ada satu pulau yang dihiasi oleh boneka-boneka, tapi bukannya malah bikin betah, justru menyeramkan.

Terletak di Meksiko, "La Isla de la Munecas" atau dikenal dengan Pulau Boneka ini dihiasi ribuan boneka, tapi bukan sembarangan boneka. Tidak ada boneka lucu nan mengemaskan, justru yang ada boneka-boneka kotor, suram, dan tidak jarang ditemukan potongan-potongan tubuh boneka yang tidak utuh.

Terletak 17 kilometer di sebelah selatan Mexico City, boneka yang terpajang di sana merupakan milik Don Julian Santana, satu-satunya penghuni pulau tersebut.

Selama 50 tahun dia sudah mendiami pulau di Danau Teshulio kanal Xochimilco tersebut sendirian, sengaja meninggalkan istri dan anaknya.

Awal kisah awal dikumpulkannya boneka-boneka itu oleh Don Julian Santana sebab dulu ada seorang anak kecil yang tenggelam di kanal tersebut. Untuk menghormati jiwa yang meninggal secara tidak wajar itu, Don Julian Santana menempelkan boneka di batang pohon.

Don Julian Santana mulai mengumpulkan boneka yang dibuang ke kanal dan dekat rumah. Dia sengaja tidak pernah mencoba memperbaiki boneka-boneka yang ada, sehingga tampak memberikan kesah angker bagi tempat yang memang sudah tertutupi rimbunnya pepohonan.

Meski pulau itu terlihat angker, ternyata di mata Don Julia Santa justru menganggapnya sebagai pelindung. Dia senang menunjukkan koleksi boneka seramnya di batang-batang pohon jika ada seseorang yang mengunjungi pulau tersebut.

Hanya saja pada tahun 2001 Don Julian Santana telah meninggal. Mayatnya ditemukan tenggelam di tempat yang sama di mana dia seorang gadis kecil tenggelam dan memulai satu boneka di La Isla de la Munecas, dikutip dari Atlasobsurca, Rabu (11/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement