Jumat 08 May 2015 14:14 WIB

Berbagai Piramida Meksiko yang tak Luput dari Misteri

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Kuil Kukulcan, Chichen Itza
Foto: ABCNet
Kuil Kukulcan, Chichen Itza

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar orang pasti mengenal piramida Mesir. Padahal, di Amerika para arkeolog telah menemukan banyak bangunan mirip piramida, khususnya di Meksiko.

Seperti kembarannya di Mesir, piramida Meksiko juga berusia berabad-abad dan diselimuti misteri. Apa saja piramida di Meksiko? Laman Allwomenstalk Jumat (8/5) memaparkannya.

Piramida Matahari, Teotihuacan

Piramida ini juga terletak di kota dewa, Piramida Matahari dibangun oleh suku Maya beberapa abad lalu. Lebih besar dari piramida bulan. Bagian atas piramida matahari juga menyerupai gunung-gunung dan dirancang serta terdiri dari beberapa kuburan yang dibangun dengan masing-masing lapisan piramid baru. Bukan hanya piramida tertinggi orang Meksiko secara umum, sama dengan monument tertinggi Teotihuacan, mungkin karena itu digunakan untuk upacara gaib. Dalam piramida, arkeologis ditemukan serangkaian bilik yang dapat membawa menjadi tuan rumah ritual pembakaran api dan ritual air.

Kuil Kukulcan, Chichen Itza

Berada di tengah situs suku Maya Kuno, Yucatan, Meksiko, Piramida Kukulcan menjadi pesona bagi siapa saja yang melihatnya. Bangunan peninggalan suku Maya ini memiliki 9 undakan, 52 panel yang menjadi perhitungan tahun suku Maya, dan 365 anak tangga yang menandakan jumlah hari selama setahun.

Desain unik pada piramida ini pun menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Chichen Itza, Meksiko. Dalam lokasi bersejarah ini, juga tersebar legenda kalau piramida ini dibuat untuk menghormati Kukulcan. Kukulcan merupakan seorang dewa berbulu ular. Piramida ini sudah ada sejak 1.000 tahun silam.

Karena piramida ini dibangun untuk dewa yang berbulu ular maka di tangga sebelah utaranya terdapat kepala ular. Sekilas, memang tidak ada yang aneh dengan kepala ular ini. Tapi, bila matahari sudah berada di puncak piramida jangan biarkan mata Anda ketinggalan dari momen tersebut. Bayangan sisi kiri dan kanan tangga ini terlihat seperti tubuh ular yang sedang meluncur kebagian bawah piramida. Apalagi patung dua kepala ular raksasa ini memang berada di bagian bawah tangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement