Selasa 17 Nov 2015 00:32 WIB

Wow! Ini Dia Sinkhole Menakjubkan di Hutan Meksiko

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Sinkhole Meksiko
Foto: Dailymail
Sinkhole Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pria pemberani telah masuk kedalaman sebuah sinkhole peninggalan masyarakat kuno.

Keberaniannya membuat ia berhasil menangkap gambar-gambar yang menakjubkan dari tempat yang mungkin bisa dibilang sedikit menyeramkan ini.

Sinkhole (luweng atau lubang yang terbentuk secara alami) yang memiliki kedalaman 400 kaki ini berada di negara bagian Quintana Roo, Meksiko.

Tepatnya jauh di dalam hutan Meksiko. Tempat ini diyakini juga menjadi sebuah situs peninggalan masyarakat kuno, yang dulunya digunakan sebagai tempat pengorbanan hewan dan penguburan manusia.

Pria pemberani yang telah mengambil gambar-gambar spektakuler ini adalah seorang fotografer dan instruktur scuba asal Amerika, Troy Iloski. Ia tidak berpergian mengeliling sinkhole tersebut sendiran, melainkan ditemani dan dipandu oleh tur lokal, Antonio Molina Piquard, Anna Nicolaus dan Bernardo Miranda.

"Menurut saya, masyarakat kuno menggunakan lubang raksasa ini untuk tempat kurban atau penguburan. Karena di dalamnya begitu banyak tulang hewan dan tengkorak manusia," kata Troy, yang dilansir FoxNews.

"Sinkhole yang berada di dalam hutan Meksiko ini sangatlah menakjubkan."

Sebenarnya di Meksiko sendiri terdapat sekitar 6000 sinkhole, tapi kurang dari setengahnya telah dieksplorasi.

Sinkhole ini terjadi karena selama berabad-abad perairan Cenote telah melemah yang disebabkan oleh reruntuhan beberapa batuan kapur, dan akhirnya menciptakan lubang-lubang pembuangan sedalam kurang lebih 40 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement