Jumat 08 May 2015 12:34 WIB

Tak Cuma Mesir yang Punya Piramid, Meksiko Juga Ada

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Piramida Magician, Uxmal
Foto: Panoramio
Piramida Magician, Uxmal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika ingin melihat piramida, wisatawan biasanya pergi ke Mesir. Salah satu piramida terkenal disana adalah Piramida Giza.

Piramida ini selalu masuk dalam daftar kunjungan para petualang, dan bahkan bangunan ini memang memiliki nilai sejarah yang kuat, serta spektakuler karena dekat dengan reruntuhan megah lainnya.

Tapi bangsa Maya, Amerika Tengah juga membangun beberapa bangunan piramida yang sangat mengesankan. Salah satunya di Meksiko. Ada sejumlah piramida disana. Lokasi piramida di Meksiko mudah diakses dan dekat bangunan bersejarah lainnya. Apa saja bangunan tersebut? Dilansir dari lama Allwomenstalk, Jumat (8/5) berikut penjelasannya:

Reruntuhan Coba, Nohoch Mul

Piramida Coba Ruins merupakan piramida Meksiko yang tertinggi di Yucatan. Terdiri dari 120 anak tangga yang membuat Anda bisa menikmati pemandangan luar biasa. Ini juga merupakan situs penting dari bangsa Maya. Ada enam belas ruas jalan untuk upacara putih menyebar dari Nohoch Mul. Coba merupakan piramida yang sangat besar yang dapat diartikan "air di atas angin". Coba ini mengacu pada nama laguna kembar bukit dan piramida Nohoch Mul.

Piramida Magician, Uxmal

Mengacu pada berbagai gaya arsitektur yang kompleks, Uxmal secara harfiah berarti tiga kali dibangun. Ini merupakan peninggalan peradaban Toltec abad ke-10 yang saat itu tengah mendominasi. Salah satu dari sedikit bangunan yang tersisa masih membawa nama bangsa Maya. Bagian atas Piramida Magician menunjukkan sejauh mana pengetahuan Maya tentang astronomi. Ini merupakan salah satu dari sedikit piramida di Meksiko yang selaras dengan planet venus. Piramida juga terdiri dari tangga yang selaras sempurna dengan sinar matahari terbenam di saat titik balik matahari di musim panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement