Jumat 08 May 2015 13:11 WIB

Seolah tak Mau Kalah dari Mesir, Meksiko pun Miliki Piramida

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Piramida Bulan, Teotihuacan
Foto: Wikipedia
Piramida Bulan, Teotihuacan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain reruntuhan Coba dan piramida Magician, Meksiko masih memiliki sejumlah piramida menarik lainnya seperti dilansir dari laman Allwomenstalk, Jumat (8/5). Ini dia piramida lainnya.

El Tajín dan Piramida Niches

Tinggi bangunan ini 20 meter atau sekitar 66 kaki di atas udara, piramida Noches terdiri dari tujuh lapis. Disebalah timur, terdapat tangga yang tampak ideal. Tangga ini layaknya kacamata besar yang melihat pengorbanan manusia. Di antara piramida Meksiko yang luar biasa, piramida ini merupakan salah satu yang dekoratif. Ketika baru seluruh bangunan itu dicat berwarna merah gelap dan niches diberi warna hitam untuk menciptakan ilusi lebih dalam relung. Sedangkan El Tajín ditemukan oleh kebudayaan Classic Veracruz dan mewakili sebuah kota penting di pantai Gulf antara 600 dan 900 sebelum masehi.

Piramida Besar, Calakmul

Salah satu yang paling spektakuler di Meksiko adalah piramida yang terletak di dalam hutan di Yucatan di bekas kerajaan ular atau di Calakmul Maya. Hal ini diyakini telah menjadi juara bertahan dan satu yang utama dari kota yang terus-menerus menghadapi perang dengan negara tetangga Tikal. Ini adalah salah satu piramida yang terbesar di Yucatan, rumah untuk empat kuburan mengesankan yang mungkin menjadi tempat beristirahat. Kota Maya merupakan bagian dari bio cadangan Calakmul, tempat terbaik untuk datang rapat untuk burung-burung eksotis dan monyet howler.

Piramida Bulan, Teotihuacan

Kota para dewa (Teotihuacan) didirikan sekitar 2.000 tahun yang lalu dan merupakan salah satu piramida yang sangat besar di pemukiman Mesoamerika. Kota ini menerima namanya dari suku Aztec yang datang ke sini beberapa hari setelah lokasi tersebut kosong. Piramida bulan merupakan piramida kedua terbesar di Teotihuacan dan didedikasikan untuk dewi agung. Yang dibangun antara 200 dan 450 sebelum masehi. Monumennya sebenarnya terdiri dari lapisan beberapa bangunan. Piramida dibangun di atas satu sama lain, masing-masing dengan ruang pemakaman ditengahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement