Selasa 22 Dec 2015 14:07 WIB

Yuk, Buat Sendiri Kue dalam Cangkir

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Beragam kue dalam cangkir.
Foto: biggerbolderbaking
Beragam kue dalam cangkir.

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda merasa lelah ketika membuat seluruh kue, namun hanya membutuhkan sedikit potongan darinya, cobalah panggang kue tersebut menggunakan cangkir. Kue dalam cangkir merupakan solusi yang baik untuk memanjakan diri dengan porsi kue yang kecil dan menjaga lingkar pinggang Anda.

Untuk membuat kue ini ,Anda hanya perlu cangkir, garpu untuk mengocok, dan sendok untuk mengukur bahan-bahan. Setelah bahan tercampur, masukkan ke dalam microwave, kemudian kue siap disantap.

Berikut ini beberapa resep yang dapat Anda coba untuk membuat kue di dalam cangkir, dikutip dari Times of India, Selasa (22/12).

Kue Choco Chip

Untuk membuat kue ini siapkan tiga sendok makan (sdm) tepung, dua sdm gula merah, dua sendok teh (sdt) bubuk coklat, 1/4 sdt baking powder, tiga sdm susu, satu sdm minyak, satu tetes ekstrak vanili, dan 10 butir kepingan cokelat manis.

Setelah bahan terkumpul, gabungkan tepung, gula, cokelat bubuk, dan baking powder ke dalam cangkir. Kemudian tambahkan susu, minyak, vanili. Gunakan garpu, aduk adonan tadi hingga teksturnya cukup lembut, lalu taburkan kepingan cokelat. Panggang kue menggunakan microwave selama dua menit. Setelah usai, dinginkan kue selama lima menit agar proses pemanggangan benar-benar selesai. Taburi dengan gula bubuk dan hiasi dengan stroberi atau buah lain yang Anda suka di atasnya.

Kue Lemon

Seperti kue sebelumnya, yang perlu disiapkan adalah tiga sdm tepung, 1/4 sdt baking powder, satu buah telur, tiga sdm gula pasir, dua sdm minyak sayur, satu sdt parutan kulit lemon, dua sdt jus lemon, dan satu sdm gula icing.

Langkah selanjutnya adalah campurkan semua bahan-bahan kering ke dalam cangkir dan aduk rata. Setelah itu baru masukkan telur, minyak, kulit lemon, dan jus lemon hingga tercampur di dalam cangkir. Terakhir, panggang kue di dalam microwave dengan suhu tinggi selama 90 detik, lalu hidangkan.

Kue Vanilla

Siapkan empat sdm tepung, empat sdm gula pasir, satu butir telur, tiga sdm susu, dan tiga sdm sayur atau minyak bunga matahari, lalu beberapa tetes sari vanilla.

Kemudian ambil cangkir dan masukkan tepung serta gula. Tambahkan telur dan semua bahan lainnya ke dalam campuran bahan tadi, lalu aduk sampai halus. Setelah itu, letakkan cangkir di tengah microwave dan panggang dengan suhu tinggi selama empat menit hingga lima menit. Kue Vanilla dalam cangkir pun siap disajikan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement