Jumat 04 Dec 2015 09:40 WIB

Uniknya Iga Apel dengan Bumbu Pir

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Iga dan Apel Washington Bakar Bumbu Buah Pir Amerika Serikat kreasi Rudy Choirudin.
Foto: C23
Iga dan Apel Washington Bakar Bumbu Buah Pir Amerika Serikat kreasi Rudy Choirudin.

REPUBLIKA.CO.ID, Apel dari Negara Paman Sam atau apel Washington dengan mudah ditemukan di pasar swalayan Tanah Air. Tak hanya bisa dimakan sebagai buah, apel ini pun dapat dijadikan bahan masakan.

Memadukan iga dengan apel misalnya bisa dilakukan. Koki kondang Rudy Choirudin memberikan rahasia menu untuk Anda yang ingin memasak dengan menggunakan bahan apel Washington. Menu tersebut adalah 'Iga dan Apel Washington Bakar Bumbu Buah Pir Amerika Serikat (AS)'.

Rudy memaparkan bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah buah pir AS, gula palem tiga sendok makan (sdm), kecap manis tiga sdm, kecap jepang dua sdm, saus tomat dua sdm, air jeruk lemon satu sdm, cabai kering iris satu sdm, bawang putih halus dua siung, jahe parut satu sendok teh, garam setengah sendok teh, dan lada bubuk setengah sendok teh.

"Pertama pir AS diparut terlebih dulu untuk diambil airnya. Setelah itu, campurkan semua bahan-bahan tadi menjadi satu dan merata," jelas Rudy.

(baca: Dubes AS Robert Blake Paling Senang Kenalkan Kuliner Negaranya)

Bila hal itu telah dilakukan, lanjutnya, siapkan sekitar 300 gram iga sapi, kemudian lumas dengan bahan-bahan yang telah dicampur tadi. "Bumbui iga dengan bahan yang telah dicampur selama 10 menit," terang Rudy.

Langkah berikutnya adalah panaskan pan grill atau wajan untuk membakar, lalu bakar iga hingga cukup kematangannya. Sambil menunggu kematangan, kata Rudy, siapkan dua buah apel Washington yang telah dikupas kulitnya, kemudian iris agak tipis dengan ukuran serasi. "Lalu gunakan sisa bumbu yang tadi dicampur untuk melumasi apelnya karena akan dibakar juga," tuturnya.

Rudy menyarankan agar pemanggangan dilakukan dengan menggunakan api kecil. Hal itu dilakukan agar iga atau apel tidak hangus.

Bila telah dipanggang, sajikan iga dan apel bakar tersebut di sebuah piring, lalu percantik dengan beberapa iris kentang goreng. "Jangan lupa juga untuk taburkan biji wijen di atasnya dan sajikan dalam keadaan panas," ucapnya.

Bila dicicip, masakan iga dan apel washington bakar dengan bumbu buah pir ini melahirkan rasa yang unik. Perpaduan antara gurih, pedas, manis, menciptakan sensasi tersendiri pada lidah. Bagi Anda yang penasaran terhadap rasanya, silakan coba resep chef Rudy ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement