Kamis 17 Dec 2015 12:28 WIB

Rudy Choirudin Bagi Trik Sukses Masak Sup Iga

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Sup iga yang sempurna bermula dari pemasakan iga hingga keluar sari-sarinya.
Foto: dook Republika
Sup iga yang sempurna bermula dari pemasakan iga hingga keluar sari-sarinya.

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda pernah memasak sup iga namun ternyata rasanya kurang gurih dan sedap, mungkin ada yang kurang tepat dalam proses pembuatannya. Jika Anda hendak mencoba membuatnya lagi, coba ikuti saran dari chef Rudy Choirudin.

Rudy mengatakan, untuk mendapatkan rasa gurih pada sup iga, proses rebus harus dilakukan dengan api yang tidak terlalu besar. Yakni, dari nol derajat hingga berangsur naik menjadi 80 derajat.

Hal ini dilakukan agar sari-sari pada iga dapat keluar sempurna. "Karena iga itu kan ada tulang, otot, daging, dan lemak. Kalau direbus sampai titik didih, sari-sari, atau kaldunya tidak akan keluar semua," jelas Rudy ketika menghadiri acara USA Licious di Food Hall, Plaza Senayan, beberapa waktu lalu.

Menurut Rudy, yang biasanya salah dilakukan banyak orang ketika memasak sup iga adalah mereka ingin daging cepat empuk dan matang. Sehingga, menggunakan api besar ketika merebusnya. Ia menilai, hal itu tidak tepat dilakukan. "Karena selain kaldunya yang tidak akan keluar, dagingnya juga bisa lepas dari tulangnya," tambahnya.

NAmun, bila dimasak hanya dengan temperatur 80 derajat, Rudy menjamin, selain kuahnya gurih karena mengandung banyak kaldu, daging iga juga tidak akan terburai dari tulangnya. "Tidak apa-apa kalau proses masaknya lebih lama, yang penting rasanya. Karena, kalau masak sup iga lebih baik salah bumbu daripada salah proses bikinnya," ujarnya.

(baca juga: Resep Mudah Pai Buah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement