Senin 05 Dec 2016 16:00 WIB

Membuat Donat dengan Apel Hijau Granny Smith

Rep: MGROL 90/ Red: Indira Rezkisari
Donat apel hijau kreasi chef Eddrian Tjhia.
Foto: MGROL 90
Donat apel hijau kreasi chef Eddrian Tjhia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah apel biasanya menjadi pilihan sebagian besar orang untuk diolah menjadi sebuah cemilan keripik ataupun jus. Namun, jika mengenal apel lebih dalam, buah yang satu ini dapat diolah dengan berbagai macam jenis.

“Buah Apel Granny Smith ini bisa diolah menjadi makanan seperti makanan pembuka, makanan penutup dan juga salad. Pokoknya lumayan banyak,” ujar Chef Eddrian Tjhia.

Salah satu menu yang mudah adalah donat apel. Chef Eddrian Tjhia, dalam demo masak The American Food Fair bertema 'Memasak Kuliner Sehat', membagi cara menyiapkan donat apel yang digoreng.

Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Selanjutnya, campurkan kuning telur, gula pasir, garam, bubuk vanili, bubuk kayu manis dan susu cair. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai tercampur rata. Simpan dan diamkan adonan dalam keadaan tertutup 30-40 menit.

Panaskan minyak sebentar dengan api kecil. Selagi menunggu adonan dan memanaskan minyak, siapkan apel. “Apel yang dipakai harus apel Granny Smith, ya. Karena teksturnya yang cenderung lebih keras dibandingkan apel merah. Memasak dengan apel hijau membuat apel ini tidak kehilangan kerenyahannya,” katanya.

Kupas apel, potong-potong membulat dengan ketebalan 1 cm. kemudian lubangi bagian tengah untuk menghilangkan biji dan bagian apel yang keras.

Selanjutnya, setelah 30-40 menit saat adonan sudah cukup didiamkan, celupkan apel satu per satu ke adonan, kemudian goreng dengan api yang sedang atau kecil hingga kecokelatan. Setelah itu angkat dan tiriskan, terakhir taburi dengan gula halus dan kismis, tetapi presentasi dengan kismis ini bisa diganti dengan buah ceri atau yang lainnya, sesuai selera masing-masing.

Eddrian menutup dengan sebuah pesan, jika ingin menggoreng, gantilah minyak goreng yang sudah terpakai. Karena minyak goreng yang sudah terpakai bisa memicu kanker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement