Kamis 19 Jul 2018 09:06 WIB

Jenis Apel Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Apple Granny Smith memiliki senyawa yang lama dicerna.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nur Aini
Apel bikin langsing/ilustrasi
Foto: rgbimg.com
Apel bikin langsing/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari berbagai jenis apel, ada satu jenis yang memiliki kandungan gizi terbaik untuk menurunkan berat badan. Senyawa yang lama dicerna dalam jenis apel tersebut membuatnya cocok sebagai salah satu makanan penurun berat badan.

Apel adalah buah yang bisa diperoleh sepanjang tahun. Kebanyakan apel yang masuk ke Indonesia adalah jenis impor, dari Jepang, Selandia Baru, atau Chili.

Pada 1905, sebuah buku berjudul 'Nomenclature of the Apple: A Catalog of the Known Varieties' yang diterbitkan di Amerika 1804-1904 menyebutkan ada 14 ribu jenis apel berbeda yang tumbuh di berbagai belahan dunia. Sekitar 90 persen darinya sudah dijual secara komersial.

Dilansir dari Daily Health Post, Kamis (19/7), setiap orang mempunyai preferensi masing-masing untuk rasa dan tekstur apel yang disukai. Buah itu bisa dimakan kapan saja dengan berbagai cara. Kandungan gizinya tinggi.

Dari seluruh jenis apel, mulai dari pippins, macintoshes, golden, red apple, cortland, spartan, pink ladies, dan honeycrisp, ada satu jenis apel yang ditempatkan di rangking teratas sebagai apel terbaik untuk menurunkan berat badan. Dia adalah apel Granny Smith.

Sebuah penelitian terbaru di Washington State University menemukan bahwa apel Granny Smith mengandung lebih banyak senyawa yang lama dicerna dibanding jenis apel lainnya. Apakah senyawa yang lama atau tidak dapat dicerna itu baik bagi tubuh? Untuk kasus apel, jawabannya adalah iya.

Serat dan sejenis polifenol dalam apel Granny Smith merupakan antioksidan nabati yang tidak sepenuhnya bisa dihancurkan sistem pencernaan. Mereka tiba di usus besar secara utuh, dan fungsinya bagaikan serat, menyediakan nutrisi bagi tubuh.

Karena bentuknya belum rusak, potongan-potongan kecil serat apel ini akan memfermentasi ketika bakteri buruk menyerang usus besar. Anda perlu bakteri baik untuk mencerna, dan menyerap nutrisi, sehingga menyehatkan tubuh.

Baca: Pilih Makanan Pengusir Perut Buncit

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement