Jumat 04 Dec 2015 10:00 WIB

Es Salju Aneka Buah yang Menyegarkan, Mau?

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Olah buah pir jadi beragam menu, salah satunya es buah.
Foto: Rakhmawaty/Republika
Olah buah pir jadi beragam menu, salah satunya es buah.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada acara USA Licious yang dilangsungkan di Food Hall, Plaza Senayan, Jakarta, koki terkenal Rudy Choirudin, membagi pengetahuan dan pengalamannya membuat makanan dan minuman unik pada para pengunjung. Pada kesempatan tersebut, minuman unik yang diperkenalkan Rudy adalah es salju dengan bahan-bahan buah.

Untuk membuat es salju ini, kata Rudy, memang diperlukan bahan dan cara yang cukup unik. Buah yang dibutuhkan antara lain apel Washington, buah pir USA, jeruk sunkist, dan anggur California, masing-masing dengan berat 100 gram. Selain itu, lanjutnya, siapkan pula 100 gram gula pasir, tujuh biji cengkih, dan kayu manis dengan panjang lima sentimeter.

"Lalu semua buah kita kukus dulu selama tujuh menit, kemudian angkat, dan sisihkan. Selanjutnya potong buah menjadi seukuran dadu atau kecil-kecil," jelas Rudy pada acara tersebut, Kamis (3/12).

Setelah itu, lanjutnya, siapkan 300 gram es batu cacah, sirup vanila dan susu kental manis masing-masing  sebanyak 50 ml, serta 100 ml sirup karamel. "Campurkan es, sirup vanila, dan susu kental manis, lalu blender. Usahakan untuk diaduk agar es merata," tuturnya.

Setelah merata, masukkan semua buah yang telah dipotong kecil ke dalam gelas, lalu isi dengan es yang baru saja diblender.  "Terakhir, siram dengan sirup karamel, lalu percantik dengan batang kayu manis," ujar Rudy.

Bila dicicip sepintas, es salju dengan bahan aneka buah tersebut terasa seperti es doger. Namun, ada keunikan  ketika dalam satu suapan es, terdapat aneka rasa buah yang tersembunyi di dalamnya.

Es buah salju kreasi Rudi Choirudin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement