Senin 16 May 2016 07:28 WIB

Yuk, Coba Resep Olahan Buah ala Chef Yuda Bustara

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Pir panggang adalah salah satu resep untuk mengolah buah menjadi hidangan lezat.
Foto: Republika/Nora Azizah
Pir panggang adalah salah satu resep untuk mengolah buah menjadi hidangan lezat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Buah-buahan memang sedap disantap sebagai minuman. Tetapi juga tak kalah enak ketika diolah menjadi salad atau buah panggang. Chef Yuda Bustara membagikan resep untuk menikmati buah dengan cara sedikit berbeda.

Ada tiga resep yang dibagikan, yakni Baked Pears with Creme Anglais, Plum Australia with Buffalo Mozarella Salad, dan Fizzy Grapes Australia. Ketiga resep menggunakan bahan utama buah-buahan asal Australia.

Seperti resep Baked Pears, Chef Yuda menggunakan buah pir asal Australia. Namun harganya memang cukup mahal. "Tapi bisa diganti dengan pir lain," kata Yuda. Apabila ingin menggantinya dengan pir jenis lain, pilih yang tidak berdaging keras dan bertekstur lembut.

Tidak disarankan menggunakan pir lokal karena terlalu keras dan tidak lembut. Buah pir Australia sejenis borsch menjadi yang paling disarankan. Begitu pula untuk resep Fizzy Grapes. Sebaiknya menggunakan table grape Australia karena bentuknya yang besar dan rasanya sangat manis. Rasa manis tersebut akan menyegarkan ketika bercampur dengan soda.

Pada resep salad buah plum, buffalo mozarella menjadi bahan baku utamanya. Buffalo merupakan keju mozarella yang belum terbentuk sempurna. Warnanya juga lebih putih dan cenderung lebih lunak. Cita rasa buffalo akan membuat salad lebih otentik. Kemudian untuk dressing, Chef Yuda menggunakan minyak zaitun bercampur jus lemon. Untuk membuatnya juga cukup mudah dengan cara mencampur minyak zaitun dan jus lemon dengan rasio tiga banding satu. Tambahkan sedikit garam dan lada. Rasanya tidak jauh berbeda dengan yang digunakan di hotel dan restoran papan atas.

Berikut resepnya!

Baked Pears with Creme Anglais

Bahan:

4 pir australia, dibelah dua memanjang

2 sdm sirup maple

2 sendok makan air

375 ml susu

1 vanilla bean

4 telur

55 gr gula

Cara membuat:

Panaskan oven dengan suhu mencapai 200 derajat celcius. Kemudian masukkan pir ke dalam pinggan tahan panas, campurkan sirup maple dan air dalam wadah tersebut kemudian tuang di atas pir. Panggang pir dalam oven. Panggang sampai lunak selama 30 menit sambil dibalik sesekali.

Selama menunggu pir masak, buat saus dengan menuang susu dalam panci. Kemudian tambahkan vanila bean ke dalam susu, dan masak hingga mendidih dalam api sedang. Siapkan telur (kuningnya saja) dan gula di dalam wadah. Kocok keduanya hingga mengental, dan masukkan susu dalam campuran tersebut. Masak kembali hingga lima menit atau sampai mengental, dan saring. Pir siap disajikan.

Plum Australia with Buffalo Mozzarella Salad

Bahan:

3 buah plum australia, potong-potong sesuai selera

100 gr buah anggur australia

‎3 cangkir daun bayam (atau sesuai selera)

2 buah buffalo mozzarella

Setengah gelas daun mint

60 ml minyak zaitun extra-virgin

2 sdm jus lemon

Cara membuat:

Campurkan potongan buah dan sayuran dalam mangkuk besar, kemudian tambahkan buffalo mozzarella‎, dan sisihkan. Persiapkan bahan pembuatan saus, seperti minyak dan jus lemon. Masukkan keduanya dalam botol, kemudian tambahkan garam dan lada. Kocok hingga tercampur merata. Sajikan salad dengan saus lemon oil di atas piring.

Fizzy Grapes Australia

Bahan:

500 gr buah anggur australia

1 kilogram dry ice

Ice box

Cara membuat:

Masukan buah anggur australia dan dry es ke dalam ice box. Tutup rapat dan diamkan semalaman. Kemudian buah anggur australia sudah berubah menjadi bersoda, sebaiknya dimakan langsung atau soda akan hilang dalam 15 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement