Ahad 16 Jul 2023 09:51 WIB

Supaya tidak Kegemukan, Coba 5 Makanan Sehat Ini

Makan produk segar dan matang mengoptimalkan konsentrasi nutrisi tertentu.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meskipun semua buah sehat, namun bluberi mengandung banyak serat dan antioksidan tertinggi./ilustrasi
Foto: www.freepik.com
Meskipun semua buah sehat, namun bluberi mengandung banyak serat dan antioksidan tertinggi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mereka yang punya target mengendalikan berat badan sebenarnya tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berbagai suplemen atau makanan sehat yang mahal. Menurut pakar gizi, ada banyak makanan murah-meriah yang bisa mendukung diet.

Pakar nutrisi Stephanie Yates dari Bulk.com menyebutkan lima makanan yang sangat mendukung pengendalian bobot, yakni blackberry, jamur, buah pir, paprika, dan buah plum. Selain makanan itu, buah-buahan apa saja yang sedang musim pun bisa disantap.

Baca Juga

"Makan produk segar dan matang mengoptimalkan konsentrasi nutrisi tertentu, karena banyak nutrisi dalam produk segar menurun seiring waktu," kata Yates, dikutip dari laman Liverpool Echo, Ahad (16/7/2023).

Menyantap produk hasil alam saat memang sedang musimnya memiliki manfaat nutrisi, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Yates menjelaskan, variasi makan produk musiman memberikan banyak manfaat kesehatan karena tubuh mendapat lebih banyak asupan nutrisi yang berbeda.

Cara sederhana untuk mengetahui apa yang sedang musim (selain ketersediaan di pasaran) adalah mengawasi harga produk di supermarket. Umumnya, supermarket menyediakan berbagai macam produk, dengan pilihan yang tidak ada habisnya.

Ketika harga turun, itu biasanya pertanda bahwa makanan sedang musim, sedangkan harga tinggi adalah indikator yang baik bahwa makanan sedang tidak musim. Makanan musiman juga akan tampak lebih segar dan berwarna cerah, seringkali lebih ranum daripada produk non-musiman yang sering kali terlihat sedikit kurang segar di rak supermarket.

"Memahami produk musiman dapat berguna saat merencanakan menu dan daftar makanan untuk disantap, atau menganggarkan untuk belanja mingguan," tutur Yates.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement