Selasa 02 May 2023 22:55 WIB

Jangan Sembaranan, Ini Cara Tepat Makan Buah Agar Manfaat yang Diperoleh Maksimal

Anda perlu perlu memperhatikan cara makan buah agar dapat memaksimalkan manfaatnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Buah (ilustrasi). Cara benar makan buah agar manfaat yang diperoleh maksimal.
Foto: Pixabay
Buah (ilustrasi). Cara benar makan buah agar manfaat yang diperoleh maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi buah terkadang masih diabaikan dalam pola makan harian. Padahal buah harus dikonsumsi setiap hari dalam pola hidup sehat.

Buah-buahan alami dan kaya sukrosa, fruktosa, dan glukosa, memberi tubuh energi serta nutrisi penting untuk kekebalan tubuh. Buah juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan enzim, masing-masing dengan manfaat uniknya sendiri.

Baca Juga

Namun, rupanya seseorang juga perlu memperhatikan cara memakannya agar dapat memaksimalkan manfaat dari buah untuk kesehatan. Nutrisionis bersertifikat dan pendiri TAN|365, Tanisha Bawa, mengatakan semua buah-buahan itu sangat sehat, tetapi disarankan untuk memakan yang lokal.

Saran ini berlawanan dengan kepercayaan yang menganggap buah-buahan impor lebih sehat. Padahal, menurut Bawa, buah impor bisa dipetik jauh sebelum matang, sehingga mengurangi nilai gizinya.

 

“Selain itu, begitu tiba di pasar, buah disemprot dengan bahan kimia untuk mematangkannya dengan cepat dan tidak alami. Cara terbaik untuk menghindarinya, konsumsilah buah-buahan lokal," kata dia.

Penting untuk memperhatikan cara dan waktu terbaik mengkonsumsi buah-buahan agar mendapatkan nilai gizi dan manfaat kesehatan yang maksimal. Berikut ini setidaknya tiga pedoman yang perlu diingat untuk mengonsumsi buah, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Selasa (2/5/2023):

1. Makan buah secara keseluruhan

Makan buah secara keseluruhan daripada dibuat menjadi jus. Saat membuat jus buah, orang akan menghilangkan serat, vitamin, mineral, dan enzim dari buah.

Jus juga mengalir ke perut agak cepat setelah dikonsumsi yang menyebabkan lonjakan pasti kadar gula karena kelebihan fruktosa. Ini juga dapat meningkatkan kadar asam urat yang kemudian menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan.

2. Berhenti makan buah setelah makan

Jika orang mengonsumsi buah-buahan tepat setelah makan, itu akan berpindah ke perut dan mulai membusuk dengan makanan yang sudah ada dari makanan yang dimakan sebelumnya. Akibatnya, perut sekarang perlu menghasilkan lebih banyak asam karena buah membusuk dengan cepat, menjadi lebih asam, dan kehilangan sebagian besar sifat sehatnya.

3. Makan kacang sebelum makan buah

Kacang-kacangan akan membantu menyeimbangkan kenaikan gula darah dari buah-buahan karena merupakan sumber lemak. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang terlebih dahulu merupakan hal yang bijak untuk dilakukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement