Sabtu 28 Nov 2015 11:29 WIB

Mengenal Pai, Kudapan Berkulit Renyah

Pai dikenal sebagai sweet crust dessert dalam dunia pastry.
Foto:
Pai bisa berisi macam-macam, mulai dari manis hingga gurih.

Kulit pai disebut Aa harus renyah. Kerenyahannya namun akan sedikit berbeda antara pai manis dan gurih.

Untuk membuat pai manis, ada tambahan gula. Sedang pai gurih tidak menggunakan gula dan menggantinya dengan garam. Ciri lain dari kulit pai gurih adalah ia lebih renyah dibanding yang manis. "Takaran tepung dan telurnya sama untuk membuat kulit pai, tapi di pai gurih menteganya lebih banyak jumlahnya, ini untuk menghasilkan kulit yang lebih renyah dari yang manis."

Agar kulit pai masak sempurna, Aa membagi tipsnya. Katanya jangan kocok adonan hingga berlebihan. Menghindari overmix penting agar kulit pai tidak bantat. Saat kulit pai terlalu lama dikocok, maka pori-pori udara tidak bisa masuk ke dalam kulit. Ciri-ciri adonan yang overmix adalah ketika adonan lentur bak karet.

Saat pembakaran di oven juga memerluka kecermatan. Faktor pai yang disertai kulit tutup atau tidak sangat berpengaruh. Untuk pai dengan kulit tertutup utuh masa pembakaran di oven harus lebih lama. Pastikan pula menggunakan api atas dan bawah dengan panas yang rata.

"Ketika memanggang lihat kematangan dari warnanya, jika kulit sudah cokelat keemasan artinya sudah 90 persen matang," ujar Aa. Kulit pai yang masih putih sebaliknya menandakan pai baru separuh jalan di dalam oven.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement