Sabtu 17 Oct 2015 11:01 WIB

Kurang Tidur Jadi Sebab Ibu dengan Bayi Sulit Langsing

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan bayinya.
Foto: Reuters
Ibu dan bayinya.

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah melahirkan salah satu hal yang dikeluhkan para wanita adalah perut yang buncit. Mereka berpikir lemak yang tertumpuk saat hamil masih tertinggal di sana. Selain perut, mungkin bagian tubuh lainnya juga masih gemuk. Kenapa ya? Ini karena Anda kurang latihan fisik karena terlalu sibuk bekerja, juga karena Anda berhenti menyusui bayi secara eksklusif, dan masih ada alasan lainnya.

Mengajak anak jalan-jalan dengan stroller, meski terlihat seperti latihan fisik, tapi...

Laman Popsugar, Sabtu (17/10) menjelaskan mengajak anak jalan-jalan dengan stroller memang terkesan seperti latihan fisik, tapi ternyata itu tidak termasuk dalam divisi pembakaran kalori. Untuk meletakkan perspektif ini, 60 menit jalan cepat (sekitar 15 menit per mil) membakar 243 kalori. Untuk menghilangkan satu pon per minggu, Anda perlu membakar 500 kalori per hari.

Terlalu banyak hal baik yang berlebihan

Jika Anda makan makanan yang sehat dan tidak memahami mengapa tambahan berat badan yang ekstra itu masih bertahan di tubuh Anda, rahasianya mungkin ada pada porsi makan Anda. Lihatlah berapa banyak kalori yang tersembunyi dalam makanan baik yang Anda konsumsi dan lakukan sesuai dengan itu.

Anda tidur hanya sebentar

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang tidur lima jam atau kurang per malam 31 persen akan lebih mungkin mengalami penambahan berat badan lebih dari 16 tahun, menurut American Journal of Epidemiology. Memang Anda tak mungkin bisa tidur pulas saat anak-anak masih bayi, tapi usahakan untuk tidur jika ada kesempatan.

Anda kencan dengan suami pada malam hari

Bagi kebanyakan orang tua, hal yang paling romantis adalah Sabtu malam Minggu. Dimana Anda bisa berbagi seperti pasangan yang melibatkan diri di atas ranjang. Nonton video bersama dan sambil makan. Nah inilah kesalahannya. Saat kencan berdua di rumah saat malam hari Anda ditemani dengan makanan, apalagi jika itu adalah mi instan. Lebih baik makan makanan buatan sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement