Jumat 07 Jun 2019 01:19 WIB

Tips Fit Bagi Ibu Setelah Melahirkan

Ibu yang baru melahirkan bisa menjadikan olahraga cara tetap peduli ke diri sendiri.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Wanita berolahraga.
Foto: EPA
Wanita berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampil prima dan bugar pascamelahirkan tentu menjadi impian banyak perempuan. Namun terkadang hal ini sulit diraih karena ibu yang baru melahirkan harus bergelut dengan banyak hal dalam satu waktu.

Bintang fitness sekaligus ibu muda Chontel Duncan dan Kelsey Wells mengungkapkan bahwa salah satu cara terpenting dalam menjaga kesehatan fisik dan pikiran ibu yang baru melahirkan adalah perhatian pada diri sendiri. Setidaknya itu yang dirasakan oleh Duncan yang merupakan ibu dari dua orang anak dan Wells yang merupakan ibu dari satu orang anak.

Baca Juga

"Banyak ibu baru yang kekurangan waktu dan kelelahan sepanjang waktu," jelas Wells seperti dilansir Malay Mail.

Berolahraga dapat menjadi salah satu cara bagi para ibu baru untuk tetap menunjukkan kepedulian pada diri sendiri. Meski tampak seperti beban di tengah banyaknya hal yang perlu diurus, olahraga sebenarnya sangat mungkin untuk dilakukan oleh para ibu baru.

"Selama kita memprioritaskan diri kita sendiri dan kesehatan kita, olahraga bisa masuk ke dalam jadwal siapapun," lanjut Wells.

Wells dan Duncan berbagai beberapa tips yang bisa dilakukan para ibu baru untuk menyelipkan olahraga di dalam padatnya kegiatan sehari-hari. Berikut ini ialah tips tersebut.

Tidak Masalah Walaupun Sebentar

Olahraga apapun jauh lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Bagi para ibu baru yang tak memiliki cukup waktu, tak perlu memaksakan diri berolahraga dengan durasi yang panjang.

Para ibu baru bisa melakukan kombinasi olahraga HIIT dan olahraga kekuatan sebagai alternatifnya. Kombinasi olahraga ini cukup dilakukan selama 15-20 menit saja.

Rencana Harian

Terkadang ibu baru cukup sulit untuk mengikuti rencana olahraga mingguan atau bulanan yang sudah disusun. Sebagai gantinya, ibu baru bisa merencanakan olahraga secara harian. Dengan begitu, para ibu baru bisa menyelipkan jadwal olahraga sesuai dengan kondisi yang berbeda-beda setiap harinya.

Jangan Bergantung Pada Motivasi

Motivasi untuk berolahraga bisa datang dan pergi begitu saja. Akan jauh lebih baik bila para ibu muda lebh berfokus pada melakukan perubahan-perubahan kecil dengan disiplin. Misalnya, mulai membiasakan diri untuk bangun lebih pagi dan berjalan kaki atau membuat jadwal olahraga berdurasi cepat setiap hari.

Manfaatkan 'Waktu Santai'

Manfaatkan waktu santai ketika anak sedang tidur untuk berolahraga, misalnya di pagi hari atau malam hari. Dengan begitu, para ibu baru dapat melakukan olahraga dengan lebih rutin dan teratur.

Pilih Olahraga yang Menyenangkan

Tiap orang memiliki rutinitas olahraga atau fitness masing-masing. Bila tidak merasa senang ketika melakukan suatu olahraga, itu pertanda bahwa sudah saatnya mengganti jenis olahraga lain.

"Olahraga seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup sehat, karena itu penting untuk menemukan olahraga apa yang benar-benar Anda nikmati dan sesuai dengan kehidpan sehari-hari Anda," jelas Wells.

Pertimbangkan Membeli Resistance Band

Resistance band merupakan alat olahraga yang tak hanya terjangkau tetapi juga memiliki berat yang ringan. Resistance band dapat dengan mudah di bawa ke mana saja dan disimpan di mana saja. Resistance band juga bisa digunakan dalam hampir semua gerakan latihan seperti gerakan squat and press dan side-to-front raise.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement