Rabu 25 May 2016 10:01 WIB

8 Keterampilan Dasar Merawat Bayi Ini Perlu Dikuasai Ibu

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Pijat bayi/ilustrasi
Foto: lovingtouch.com
Pijat bayi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang tua, khususnya ibu yang baru melahirkan anak pertama sama sekali tidak memiliki keterampilan dasar dalam hal perawatan bayi sehari-hari. Mereka kebingungan cara memandikan bayi, menggendong, dan mengganti popoknya. 

Kebingungan itu sering diiringi rasa takut juga khawatir. Keterampilan dasar perawatan bayi sehari-hari bagaimana pun perlu dikuasai setiap orang tua, tidak terkecuali sang ayah. Apa saja itu? Berikut pemaparannya, dilansir dari Mother and Baby UK, Rabu (25/5).

 

Mengganti popok

Apakah Anda menggunakan popok sekali pakai atau popok yang bisa digunakan kembali pada bayi Anda? Apapun pilihan Anda, peran baru seorang ibu mewajibkan mereka untuk bisa mengganti popok bayi.

 

Menyusui

Ibu perlu menguasai berbagai teknik dan posisi menyusui untuk memberi makan bayi mereka. ASI adalah kebutuhan pokok bayi baru lahir.

 

Membedong

Bedong tentu saja membuat bayi merasa nyaman, seperti di dalam rahim ibunya. Penting untuk ibu terampil membedong anaknya secara rapi dan tentu saja aman.

 

Memandikan bayi

Kulit bayi Anda masih sensitif, sehingga ketika baru lahir dia tak perlu mandi dua kali setiap hari. Cobalah belajar untuk memandikan bayi dengan air hangat, juga belajar membersihkan badannya dengan waslap dan air hangat.

 

Bonding

Mempererat hubungan ibu dan anak sangat penting untuk perkembangan fisik dan mental mereka. Ibu perlu rutin melakukan kontak mata dan kontak sentuhan dengan bayinya.

 

Pijat bayi

Pijat bayi memerlukan teknik tertentu. Ini bisa membantu produksi hormon oksitoksin yang memperat hubungan ibu dan anak.

 

Menenangkan bayi

Meski bayi belum memproduksi air mata dalam jumlah banyak, mereka tetap akan sering menangis. Ibu perlu belajar cara cerdas menenangkan bayi. Seorang ibu lama-lama juga belajar membaca makna tangisan bayinya.

 

Menggendong

Ada begitu banyak cara menggendong bayi, apalagi saat ini sudah banyak dijual gendongan sling, gendongan depan, juga belakang untuk bayi. Ibu perlu memastikan keamanannya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement