Selasa 14 Jul 2015 06:18 WIB

Ingin Anak Kedua? Perhatikan Faktor Ini

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Kakak beradik
Foto: pixabay
Kakak beradik

REPUBLIKA.CO.ID, Membesarkan satu anak bisa sangat menyita waktu dan membuat frustasi. Orang tua pun bahkan mungkin tidak berpikir tentang mempunyai bayi lagi.

Sebelum memiliki anak kedua memang ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan. Pertama, Anda perlu mempertimbangkan usia anak pertama Anda. Jika dia terlampau masih kecil, membawa bayi lain tidak hanya akan merepotkan untuk Anda tetapi dapat menyebabkan traumatis baginya juga karena perhatian Anda akan dibagi. Pastikan Anda merencanakan bayi kedua ketika yang pertama setidaknya sudah dapat diatur dan dapat mengerti suasana yang terjadi di sekitar.

Berikutnya pikirkan faktor ini. Kesenjangan usia antara anak-anak Anda merupakan faktor penting. Dilansir dari iDiva, semua orang tua perlu mempertimbangkannya secara matang. Tiga sampai lima tahun perbedaan adalah rentang yang optimal karena memungkinkan anak-anak untuk memahami satu sama lain dan dirasa cukup aman.

Untuk memiliki bayi lagi berarti sama saja menambah beban anggaran. Jadi, penting bagi Anda untuk siap secara finansial untuk mengambil tanggung jawab tambahan.

Selain itu pikirkan faktor fisik. Kondisi fisik Anda dan kesehatan sangat penting dijaga dan diperhatikan. Apabila memiliki momongan lagi, Anda diharuskan untuk lebih banyak bergerak maka dari itu diperlukan kondisi fisik yang bugar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement