Selasa 14 Jul 2015 06:31 WIB

Lima Pertimbangan Sebelum Miliki Anak Kedua

Rep: MGROL 41/ Red: Indira Rezkisari
Sebelum hamil anak kedua ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan, salah satunya faktor kesiapan orang tua.
Foto: Republika/Prayogi
Sebelum hamil anak kedua ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan, salah satunya faktor kesiapan orang tua.

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki anak selalu membutuhkan pertimbangan yang matang dan panjang. Tak terkecuali bagi anak kedua. Beberapa faktor harus diperhatikan, agar anak bisa tumbuh kembang optimal.   

Manajemen waktu

Hal yang satu ini adalah kekhawatiran yang berlaku bagi para ibu yang bekerja seorang diri. Jika Anda memiliki tangan untuk membantu pekerjaan anda, pertimbangkan kenyamanan mereka juga sebelum membuat keputusan. Ingat Anda memerlukan waktu untuk cuti. Jika pekerjaan Anda tidak memungkinkan untuk itu, maka Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali untuk memiliki anak lagi.

Kebutuhan pertama setelah kelahiran

Pastikan anak pertama sudah cukup mengerti dan sudah terpenuhi segala kebutuhannya. Baru dapat mulai merencanakan memiliki dua anak. sehingga kebutuhan keduanya tidak akan saling terbengkalai. Kebutuhan dari segi apapun itu.

Siap menghentikan beberapa kebiasaan

Kehamilan akan membuat anda berhenti melakukan beberapa hal yang Anda biasa lakukan sebelumnya seperti minum-minuman, merokok, berpesta. Nantinya Anda akan harus melupakan hal-hal tersebut demi si anak.

Ketika pasangan setuju

Dilansir dari iDiva, proses pembuatan bayi ada karena kesepakatan dari dua pihak tentunya, sehingga melakukannya pun perlu persetujuan dari pasangan Anda. Hal terpenting semua proses ini perlu dukungan penuh darinya.

Hubungan kuat

Perencanaan memiliki bayi lagi tidak terlepas dari komitmen yang dibuat dengan pasangan dan juga persetujuan dari sang mertua. Jika Anda tinggal masih bersama dengan mertua, atau keluarga besarnya, pastikan anggota yang lain sudah bisa menerima kondisi nantinya. Tanggung jawab pun pasti akan bertambah, bukan hanya dari pihak Anda saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement