Kamis 22 Jan 2015 07:15 WIB

Biarkan Lumer di Mulut, Cara Ketahui Kualitas Coklat

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Coklat
Foto: VOA
Coklat

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Coklat, makanan yang identik dengan membantu perasaan menjadi bahagia ini memiliki beragam bentuk. Seperti batangan, cairan, bubuk, ataupun kerap dicampur dengan jenis makanan lain.

Ternyata ada cara yang dinilai lebih tepat untuk menikmati coklat terutama yang berbentuk batangan. "Selama ini kebanyakan orang Indonesia menikmati coklat dengan menggigitnya. Padahal, cara menikmati coklat itu harus membiarkannya meleleh di mulut," ujar Direktur Chocomory di Riverside Puncak, Bogor, belum lama ini.

Ketika coklat dimasukkan ke mulut dan dibiarkan meleleh kata dia itu sebetulnya cara benar menikmati coklat. Selain merupakan cara tepat menikmati coklat dengan membiarkannya meleleh, hal tersebut ternyata ampuh untuk mengetahui kualitas makanan berbahan kakao itu.

"Kalau cukup meleleh itu artinya bagus, tapi kalau ada kesat-kesat dan kurang meleleh misalnya, itu bukan asli," lanjut Axel.

Selain dari tekstur, soal rasa juga akan ketahuan mana coklat asli dan sebaliknya. "Karena lidah tidak bisa bohong, kalau rasa dan aromanya memang enak, itu berarti coklat tersebut asli tidak pakai campuran macam-macam," terang dia.

Di samping itu juga, kendati coklat mengandung lemak, gula maupun kafein, tetapi kandungan tersebut masih lebih sedikit dibanding kopi. Dan dampak dari coklat yang asli serta berkualitas juga akan dapat dirasakan oleh tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement