Sabtu 10 Jan 2015 08:08 WIB

Membandingkan Diri dengan Orang Lain, Membuang Waktu dan Energi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Iri hati/ilustrasi
Foto: forbes.com
Iri hati/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buat apa Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain, karena toh ternyata lebih banyak dampak buruknya dibanding manfaatnya.

Selain membuat Anda tidak akur dengan orang yang Anda bandingkan, masih banyak alasan lain yang akan membuat Anda berfikir untuk berhenti menbandingkan diri dengan orang lain.

Apa saja alasan itu? Mari simak lebih detail seperti dilansir dari laman Allwomenstalk, Sabtu (10/1).

Membuang waktu dan energi

Cemburu atau iri pada orang lain akan membuang waktu dan energi Anda. Anda menyia-nyiakan waktu dan energi untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain. Daripada hal tersebut terus berlanjut, lebih baik Anda melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat, lebih menyehatkan dan lebih penting. Jadi jangan sia-siakan waktu dan energi Anda.

 

Ada yang lebih baik dan lebih buruk dari Anda

Selalu ada seseorang yang lebih baik dan selalu ada seseorang lebih buruk dari Anda. Tidak peduli betapa cantiknya Anda, selalu akan ada seseorang yang lebih cantik. Tidak peduli seberapa pintar Anda, akan selalu ada seseorang yang lebih pintar. Pada saat yang sama juga selalu ada orang yang kurang cantik dibanding Anda dan kurang pintar dari Anda. Dan akan menjadi sia-sia untuk membuat peringkat mana yang lebih baik, Anda atau orang lain. Karena akan selalu ada seseorang yang lebih baik dan lebih buruk dari Anda.

Setelah Anda membaca alasan untuk tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda melihat betapa konyolnya jika Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain? Semua orang berbeda dan ini menjadi hal yang indah karena perbedaan itu indah. Tidak ada alasan memang membuat kepercayaan diri Anda turun hanya karena Anda pikir seseorang lebih baik dari pada Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement