Ahad 08 Mar 2015 12:47 WIB

Kurang Percaya Diri? Dorong dengan Dua Faktor Ini

Rep: C19/ Red: Winda Destiana Putri
Tampil percaya diri/ilustrasi
Foto: greekcave.com
Tampil percaya diri/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog Tara Adhisti de Thouars berbagi tips untuk menumbuhkan rasa percaya diri seseorang. Menurut dia, rasa percaya perlu didorong dari faktor internal maupun eksternal.

"Tidak cukup hanya internal. Internal lebih ke pribadi bagaimana melihat diri sendiri. Sementara orang juga melihat dari luarnya kita," ujar Tara kepada RepublikaOnline di kawasan SCBD Jakarta Selatan.

Dikatakan lebih lanjut, faktor internal tentu hal paling penting karena itulah sumber utama rasa percaya diri seseorang. Bahwa mindset positif yang dimiliki seseorang mampu mengantarkan dirinya pada berperilaku positif juga maupun akan menumbuhkan rasa percaya diri.

Akan tetapi, perawatan tubuh juga, tidak bisa dikesampingkan. Karena penampilan dan kebersihan seseorang yang bisa dilihat orang lain (eksternal) itu membentuk kesan orang yang melihat.

Kembali ditegaskannya, faktor internal lebih bersumber dari diri sendiri. Sementara faktor eksternal berasal dari lingkungan, komentar orang lain, artinya segala sesuatu di luar diri seseorang.

Biasanya, orang yang mendapat komentar negatif akan pribadinya bisa langsung tidak percaya diri. Tetapi seseorang itu harus menerima masukan jika kritikan tersebut memang membangun.

Menerima kritikan, bukan berarti harus diratapi dan tidak mensyukuri apa yang dimiliki. Justru bentuk syukur seseorang bisa melalui cara memperbaiki diri sendiri.

Dan memang, ketika mendapat komentar negatif, bukan berarti pribadi kita tidak positif. Artinya seseorang harus bijak menyikapi kritikan.

"Maka memang paling utama dari internal dulu kita jangan mudah terpengaruh hal-hal negatif. Selain berpikir positif, kita juga perlu out of the box agar percaya diri. Lalu faktor eksternal juga jangan dilupakan," katanya menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement