Jumat 31 Jul 2015 17:07 WIB

Ingin Tampil Percaya Diri, Ini Tipsnya

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Tampil percaya diri/ilustrasi
Foto: greekcave.com
Tampil percaya diri/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Pemimpin dunia sekali pun pernah merasa kurang percaya diri pada waktu tertentu. Percaya diri bukanlah kualitas statis, ini merupakan pola pikir yang mempertahankan pendapat ketika mendapatkan kritik dari seseorang.

Percaya diri merupakan hal positif yang seringkali kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki sikap percaya diri akan menjadikan Anda lebih baik di mata pribadi dan orang lain.

Dilansir Foxnews Jumat (31/7) berikut beberapa cara efektif untuk menjadikan pribadi Anda lebih percaya diri.

Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh dapat langsung menunjukkan keyakinan diri Anda. Menampilkan diri dengan cara mengatakan bahwa Anda siap untuk menguasai atau mengambil komando situasi merupakan hal yang membuat Anda percaya diri. Orang lain juga akan percaya dan beranggapan bahwa Anda orang yang hebat dalam menguasai suatu masalah dengan rasa percaya diri. Duduk dengan tegap, tegakkan sedikit kepala dan bahu Anda seiring untuk menyelaraskan tulang belakang dan melihat langsung kepada orang lain ketika berinteraksi. Hindari jabat tangan dengan lemas dan mempertahankan kontak mata yang baik ketika seseorang berbicara kepada Anda.

Berpakaian dengan baik

Ketika orang lain melihat penampilan Anda baik, Anda pun akan merasa lebih baik. Jika Anda memilih pakaian dan aksesoris yang cocok, sesuai dengan gaya hidup, dan membuat Anda merasa percaya diri, ini secara otomatis akan meningkatkan harga diri Anda. Jangan takut untuk membiarkan kepribadian Anda bersinar dengan aksesoris yang digunakan. Perhiasan atau dasi warna-warni bisa menjadi penentu dalam percakapan yang baik. Ingat jangan gunakan aksesoris yang berlebihan yang dapat membuat orang merasa risih ketika melihatnya.

Bicaralah dengan suara tegas

Tegas, tapi tidak agresif. Cara berbicara yang menunjukkan rasa percaya diri. Anda akan merasa diri mulai dihargai dan dianggap serius. Hindari, obrolan gugup bernada tinggi atau tertawa dalam sebuah pidato. Seorang pembicara yang baik adalah berbicara dengan percaya diri, dengan mantap dan dengan nada berirama. Alih-alih "hhmmm" dan "eeeee" yang mengganggu aliran pada saat berbicara, jangan sampai itu terjadi. Gunakan jeda untuk menemukan ide-ide dalam suatu topik pembicaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement