Jumat 10 Apr 2015 10:28 WIB

Rasa Percaya Diri Bergantung Tiga Faktor Ini

Rep: C19/ Red: Winda Destiana Putri
Tampil percaya diri/ilustrasi
Foto: greekcave.com
Tampil percaya diri/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog Tara de Thouars mengatakan, rasa percaya diri seseorang bergantung pada tiga faktor, pola pikir diri sendiri, lingkungan dan pengalaman.

Artinya, untuk menjaga rasa percaya diri, maka tiga faktor itu menurutnya paling tidak sangat penting untuk diperhatikan.

"Misalnya pikiran kita sendiri jangan mudah terpengaruh hal-hal negatif. Bisa membuat rasa percaya diri turun, lalu karena lingkungan, bahkan pengalaman yang pernah dialami," ujar Tara di kawasan SCBD Jakarta Selatan.

Pikiran negatif dapat menurunkan percaya diri seseorang. Sementara lingkungan yang tidak mendukung dan pengalaman negatif juga, kata dia, perlu dihindari.

"Lingkungan yang dirasa tidak suportif sebaiknya dihindari, tidak apa-apa pindah. Pengalaman buruk yang bisa menjatuhkan harga diri juga seharusnya dihindari misalnya pergaulan bebas," kata dia.

Ditambahkan dia, bahkan jika masalah percaya diri sudah akut, seseorang harus menjalani terapi.

Sebelumnya Tara menyampaikan, untuk meningkatkan rasa percaya diri juga bisa didorong dari aspek internal maupun eksternal. Artinya memperbaiki kepribadian dalam diri sekaligus juga penampilan luar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement