Jumat 10 Apr 2015 09:47 WIB

Psikolog: Orang yang Merasa Wangi Lebih Percaya Diri

Rep: C19/ Red: Winda Destiana Putri
Tubuh yang wangi membuat seseorang merasa meningkat percaya dirinya.
Foto: whatcanipaint
Tubuh yang wangi membuat seseorang merasa meningkat percaya dirinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak hal yang membuat orang kurang atau bahkan tidak merasa percaya diri. Salah satunya faktor bau badan.

Psikolog Tara Adhisti de Thouars mengatakan, sebuah penelitian di Amerika mengemukakan 90 persen orang mengaku wangi badan bisa menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Harum seseorang juga, kata dia, bisa menambah daya tarik.

"Contohnya, kalau orang mau rapat di kantor tapi di jalan dia terpapar polusi matahari dan segala macam, pas presentasi dijamin dia tidak akan percaya diri kalau bau dan berantakan," ujar Tara di kawasan SCBD Jakarta Selatan.

Sebagai contoh, ketidakpercayaan seseorang tersebut bisa terlihat dari prilakunya seperti bolak-balik terus ke tolilet untuk menebus rasa percaya diri. Otomatis interaksi sosial orang yang tidak percaya diri juga, kata dia, tidak akan berjalan baik.

Penampilan memang memengaruhi prilaku dan rasa percaya diri seseorang. Karena itu, tak ada salahnya, tambah dia, seseorang memperkuat faktor eksternal selain kepribadian dari dalam agar rasa percaya diri tetap terjaga.

"Maka penting sekali jika Kita menata diri dengan setidaknya membersihkan diri agar wangi karena keuntungannya juga kembali lagi kita sendiri yang merasakan," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement