Rabu 15 Oct 2014 10:28 WIB

Tiga Bahan Pengganti Garam

Garam
Foto: blogspot.com
Garam

REPUBLIKA.CO.ID, Bagai sayur tanpa garam adalah pepatah yang menggambarkan hambarnya hidup bila tidak ditambahkan dengan tindakan atau barang tertentu. Ya, sayur adalah bahan masakan penting dalam dunia masak.

Mulai dari menambahkan rasa ke sup atau memberi rasa yang lebih kaya lagi di atas sirup karamel, garam adalah bintang dapur sejak ribuan tahun.

Asosiasi Jantung Amerika, seperti dikutip dari laman Shape, mencatat rata-rata orang Amerika mengkonsumsi garam atau sodium dua kali lipat dari anjuran. Anjuran asupan garam harian adalah 1.500 miligram per orang.

Garam memang bisa menjebak. Boleh dibilang seluruh makanan mengandung garam, terutama makanan yang diproses dan tersimpan dalam kaleng atau di bungkusan.

Bila Anda merasa perlu mengurangi konsumsi garam, coba ganti dengan bahan-bahan ini.

1. Jamur shitake

Rasa umami alami dalam jamur ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti garam. Caranya adalah dengan membuat kaldu dari jamur ini. Kaldu kemudian bisa ditambahkan dalam berbagai masakan, mulai dari bubur hingga sup.

2. Labu

Ganti saus tomat dengan labu yang dijual dalam kaleng saat Anda ingin memasak pasta. Pilihan yang lebih segar bisa didapat dari labu parang yang dikukus lalu dihaluskan. Bereksperimen dengan bumbu dan rempah akan membuat masakan tanpa garam Anda jadi terasa tidak hambar.

3. Selai buah

Dibandingkan menggunakan saus steak siap pakai yang mengandung lebih dari 500 miligram garam per dua sendok makannya, coba gunakan selai buah sebagai teman makan steak. Campur selai aneka berry dengan cuka apel atau balsamic vinegar. Panaskan di panci dengan tambahan beberapa bumbu, dan Anda mendapatkan saus yang mudah, lezat, dan tanpa garam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement