Rabu 24 Sep 2014 19:25 WIB

Makanan Kaya Garam yang Perlu Dihindari (1)

Aneka sereal
Foto: AP
Aneka sereal

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan seperti keripik, crackers, atau biskuit pasti sudah diketahui Anda kaya kandungan garamnya. Sekali pun Anda tidak melahap kudapan ringan itu, Anda bisa jadi tetap mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi tanpa menyadarinya.

Sejumlah makanan sesungguhnya berenang dalam taburan garam, kata konsultan gizi di Culver City California, LeeAmm Smith Weintraub. Seperti dilansir dari laman Health, menurut dia setiap orang perlu mematuhi aturan asupan kurang dari 2.300 mg sodium per hari. Mereka yang punya darah tinggi bahkan tak boleh mendapatkan asupan garam lebih dari 1.500 mg.

* Saus salad

Sebenarnya bukan kejutan kalau saus salad atau saus barbecue yang dijual botolan banyak mengandung garam. Sebab, saus ini umumnya rasanya gurih. Yang mengejutkan adalah berapa banyak kandungan garamnya.

Dua sendok makan saus salad bisa mengandung 300 mg sodium atau 10 hingga 15 persen kebutuhan satu hari. Saus itu kadang digunakan lebih dari dua sendok makan.

Sama dengan saus rendaman daging yang sudah tersedia dalam botol, atau saus barbecue. Kandungan garamnya bisa mencapai satu perlima anjuran asupan garam hanya dalam satu sendok makan. Satu sendok makan saus ini kadang tidak cukup untuk membumbui satu potong dada ayam.

Buat sendiri saus salad dan barbecue agar kandungan garam bisa dikontrol.

* Sereal

Siapa bilang sereal adalah sarapan sehat? Banyak sereal mengandung 180 hingga 300 mg sodium per porsinya. Jumlah itu setara dengan 12 persen konsumsi sodium per hari. Padahal itu baru didapat dari satu mangkuk sereal di pagi.

Ganti sereal dengan oatmeal polos yang disantap dengan buah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement