Senin 15 Apr 2024 05:15 WIB

Dipasang di Lengan, Implan KB Ibu Asal Inggris Ditemukan Bergeser ke Paru-Paru, Kok Bisa?

Dokter khawatir implan tersebut dapat merobek arteri jika dicabut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Rontgen paru memperlihatkan implan KB yang semula berada di lengan ibu asal Inggris, Rebecca Hardy, telah bergeser ke paru-parunya. Implan itu dipasang pada 2018 dan berpindah posisi tiga tahun setelahnya.
Foto:

Dokter awalnya tidak dapat menemukan implan KB di lengan atas perempuan tersebut. Hasil pemindaian menunjukkan alat kontrasepsi itu pindah ke bagian dada.

Dalam laporan medis, dokter memperkirakan alat tersebut mungkin telah berpindah dari lengan untuk melepaskan hormon, dan masuk ke dalam pembuluh darah arteri. Sebelum pandemi Covid-19, pejabat kesehatan Inggris sudah mewanti-wanti terkait semakin banyaknya kejadian Nexplanon, implan KB seperti milik Hardy, yang berakhir di arteri.

Membagikan kisahnya di TikTok, Hardy mengaku tidak pernah bisa merasakan alat itu di lengan kirinya sejak dipasang 2018. Ibu yang memiliki dua anak itu menelepon klinik keesokan harinya setelah pemasangan implan.

Hardy malah diminta menunggu dan menelepon kembali di kemudian hari jika masih merasakan keluhan yang sama. Dia pun mengunjungi klinik pada akhir bulan untuk pemeriksaan, namun masih diminta agar tidak khawatir karena itu 'hanya implan dalam'.

Meski demikian, Hardy terus-menerus mengaku cemas selama bertahun-tahun. Nexplanon adalah kontrasepsi implan yang membantu mencegah kehamilan dengan melepaskan progestogen secara bertahap ke dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement