Rabu 07 Feb 2024 08:15 WIB

Penting Bagi Ibu Hamil, Vitamin D Bantu Cegah Keguguran

Ibu hamil yang kekurangan vitamin D juga berpotensi melahirkan bayi prematur.

Ibu hamil (Ilustrasi). Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.
Foto: Photo by freestocks from Pexels
Ibu hamil (Ilustrasi). Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asupan vitamin D penting bagi ibu hamil. Vitamin D dapat mencegah keguguran berulang hingga bayi lahir prematur.

"Diketahui ternyata mereka yang kekurangan vitamin D itu lebih mudah terjadi keguguran berulang. Jadi mereka yang hamil kemudian gugur lagi lalu gugur lagi ternyata mereka kekurangan vitamin D," ujar dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan Damar Prasmusinto dalam dialog interaktif yang digelar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Dokter Damar mengatakan, kekurangan vitamin D juga dapat berkontribusi pada kondisi serius, seperti preeklamsia, yang dapat membahayakan nyawa ibu dan bayi. Preeklamsia adalah peningkatan tekanan darah atau hipertensi pada ibu hamil, yang apabila kondisinya berat dapat memicu kejang hingga kematian.

Selain itu, lanjut dr Damar, ibu hamil yang kekurangan vitamin D juga berpotensi melahirkan bayi prematur. Mereka juga berisiko mengalami komplikasi diabetes selama kehamilan.

"Jadi vitamin D ini manfaatnya banyak sekali ternyata, tidak hanya untuk tulang saja, tetapi juga bisa mencegah terjadinya keguguran berulang, bisa mencegah terjadinya preeklamsia, bisa mencegah persalinan prematur, dan juga bisa mencegah terjadinya diabetes gestasional," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement