Sabtu 27 Jan 2024 00:30 WIB

Mata Radang Akibat Autoimun, Gejalanya Seperti Apa?

Kebanyakan kasus radang mata merupakan gangguan ringan.

Mengucek mata (Ilustrasi). Peradangan mata yang terkait dengan autoimun biasanya disebabkan oleh sindrom Sjorgen dan uveitis.
Foto:

Oleh sebab itu, dr Rina menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter saat mengalami peradangan pada salah satu bagian mata sebelum mengenai keduanya. Pemeriksaan diperlukan untuk mencegah peradangan yang semakin parah dan risiko gangguan kesehatan lainnya.

"Pengobatan yang cepat dan tepat bisa mencegah (keparahan radang) lebih lanjut. Apalagi baru kena satu mata, harus diberikan pengobatan yang cepat supaya mata sebelahnya tidak sampai terkena (radang)," kata dr Rina.

Ada sejumlah pengobatan yang dapat diberikan kepada pasien radang mata terindikasi penyakit autoimun. Pasien dengan sindrom Sjorgen, misalnya, akan diberikan obat khusus dari dokter spesialis penyakit dalam.

Meskipun sebagian besar penyakit autoimun tidak dapat disembuhkan, dokter akan berusaha menekan peradangan dan memberikan obat sesuai kebutuhan. Dengan begitu, keparahan kondisi pasien dapat dicegah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement