Ahad 12 Nov 2023 09:48 WIB

Tiga Kondisi Alis Mata yang Dapat Jadi Pertanda Kesehatan Anda Bermasalah

Kondisi alis mata juga dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Wanita membentuk alis matanya (Ilustrasi). Setidaknya ada tiga kondisi pada alis yang patut diwaspadai karena bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.
Foto: EPA-EFE/Legnan Koula
Wanita membentuk alis matanya (Ilustrasi). Setidaknya ada tiga kondisi pada alis yang patut diwaspadai karena bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alis merupakan salah satu bagian pada wajah yang bisa sangat memengaruhi penampilan. Di samping itu, alis ternyata bisa memberikan pertanda adanya masalah kesehatan tertentu di dalam tubuh.

Secara umum, tubuh manusia pada dasarnya saling terhubung dan bekerja bersama-sama. Oleh karena itu, masalah kesehatan yang terjadi di dalam tubuh bisa memunculkan tanda atau gejala melalui berbagai cara, termasuk melalui alis.

Baca Juga

"Bila Anda melihat alis Anda, selama Anda tidak mencabut atau mewarnainya, ada beberapa (tanda kesehatan) yang bisa Anda perhatikan," tutur Dr Amir Khan, seperti dilansir Express pada Ahad (12/11/23).

Menurut Dr Khan, setidaknya ada tiga kondisi pada alis yang patut diwaspadai karena bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan pada tubuh. Berikut ini adalah ketiga kondisi alis tersebut.

 

Alis Menipis

Alis yang menipis, khususnya pada area luar alis, bisa menjadi pertanda dari kondisi tiroid yang kurang aktif. Pada kasus tiroid yang kurang aktif, penipisan alis biasanya akan disertai dengan beberapa gejala lain seperti lelah, kenaikan berat badan, dan perasaan depresi.

Selain tiroid yang kurang aktif, alis yang menipis juga bisa menjadi pertanda adanya defisiensi zat gizi, khususnya defisiensi zat besi. Pada kasus defisiensi zat besi, penipisan alis bisa disertai dengan beberapa gejala lain seperti kulit pucat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement