Kamis 18 Jan 2024 10:35 WIB

Diabetes Biang Segala Penyakit, Perlu Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah Buat Pencegahan?

Nasi merah kerap dianggap lebih bagus untuk dikonsumsi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Nasi putih dan lauk (ilustrasi). Untuk cegah diabetes, menjaga pola makan dengan gizi seimbang lebih baik ketimbang sekadar mengganti nasi putih dengan nasi merah.
Foto:

Sementara itu, sasaran berobat hanya di bawah 30 persen. Komplikasi dari diabetes bisa beragam, termasuk merusak pembuluh darah kecil yang berhubungan dengan mata, ginjal dan saraf. Selain itu, kerusakan pembuluh darah besar dapat berkaitan dengan kesehatanjantung.

Dampak diabetes adalah morbiditas sakit, keluhan kesehatan, hingga kualitas hidup yang tidak baik. Sebagian pasien menderita kelainan ginjal, kemudian harus mengalami kaki dipotong akibat luka yang tak kunjung sembuh, hingga kondisi strok yang membuat tidak bisa berjalan.

"Jadi kualitas hidup jelek. Berikutnya kematian tinggi, bergantung mulai usia sakit, bisa enam tahun lebih pendek daripada mereka yang nondiabates," ujarnya.

Untuk mencegah diabetes, sangat penting memiliki pengetahuan sedini mungkin. Jika pengidap diabetes sudah mengalami komplikasi ke ginjal maka perlu diintervensi dengan baik, sehingga tidak mudah jatuh ke gagal ginjal.

"Fungsi ginjal juga sangat erat kaitannya dengan jantung. Jadi memperbaiki ginjal juga menyelamatkan jantung," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement