Kamis 09 May 2024 20:41 WIB

7 Film yang Dianggap Punya OST Terbaik Sepanjang Masa

OST film memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pengalaman menonton sinema.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film (ilustrasi). Ada beberapa film yang dianggap memiliki OST film terbaik.
Foto: www.freepik.com
Film (ilustrasi). Ada beberapa film yang dianggap memiliki OST film terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Skor film atau musik orisinal (original soundtrack/OST) yang ditulis khusus untuk mengiringi sebuah sinema sangat berpengaruh terhadap pengalaman menonton. Hal yang termasuk skor film di antaranya jalur suara film, dialog, efek suara, instrumental, dan berbagai aspek suara lainnya.

Seiring perkembangan industri perfilman, skor film yang merupakan karya para komposer ini terus-menerus mengalami penyempurnaan. Berikut sejumlah judul sinema yang memiliki skor film terbaik, dikutip dari laman Time Out, Kamis (9/5/2024):

Baca Juga

1. Aliens (James Horner) 

Awalnya, penata musik James Horner adalah kategori orang yang disewa studio ketika orang lain mematok harga terlalu mahal. Film Aliens (1986) mengubah semua itu. Dibuat berdasarkan template karya Jerry Goldsmith, Horner menggunakan disonansi, atmosfer, dan lompatan orkestra untuk skor musik film ini.

2. Jaws (John Williams)

Skor musik film Jaws (1975) karya John Williams ini punya nada, tempo, dan permainan instrumen musik yang impresif. Ada lebih banyak hal dalam musik Williams, yang melukiskan keindahan dan teror perairan terbuka dengan harpa lembut dan tuba yang mendesak, mempermainkan rasa takut saat menonton film.

3. Star Wars: Episode IV – A New Hope (John Williams)

Setelah menghadirkan musik untuk Jaws yang menyentil aspek psikis, Williams membuat skor musik untuk Star Wars: Episode IV – A New Hope yang amat berbeda. Dirilis pada 1977, sinema fiksi ilmiah ini memiliki musik megah, dan simfoni klasik yang tak jemu dinikmati sepanjang masa.

4. King Kong (Max Steiner) 

Gubahan skor film dari Max Steiner untuk King Kong (1933) adalah sebuah terobosan di masanya. Ada motif tematik yang mewakili karakter utama film, juga skor film pertama di generasinya yang menampilkan orkestra berskala besar. Musik Steiner juga menjadi kunci dalam penceritaan film.

5. Planet Of The Apes (Jerry Goldsmith)

Warna orkestra dalam skor film di Planet Of The Apes (1968) memuat elemen primitif sekaligus futuristik. Penata musik Jerry Goldsmith dengan berani memadukan orkestra tradisional dan instrumentasi eksotis, menjadi keseluruhan yang menarik, ronantis menegangkan, dan penuh selebrasi.

6. Crouching Tiger, Hidden Dragon (Tan Dun)

Kisah cinta dan seni bela diri dalam film ini tak lekang sepanjang masa, dan skor film indah dari penata musik Tan Dun turut mendukung kesuksesan itu. Musik Dun mencerminkan daya tarik lintas budaya yang luas, dengan permainan cello yang menonjol, juga kombinasi orkestra Barat serta instrumen musik etnik dari China.

7. Interstellar (Han Zimmer) 

Untuk kolaborasi keenamnya dengan sutradara Christopher Nolan, penata musik Hans Zimmer menciptakan karya yang bisa dibilang paling elegan dan kuat dalam kariernya. Zimmer menghadirkan skor musik dengan melodi yang halus, terasa personal, tapi mampu membawa penonton melintasi luasnya ruang dan waktu. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement