Kamis 02 May 2024 05:01 WIB

Tanda Kena Kanker atau Diabetes Bisa Dilihat dari Warna Lidah

Warna lidah bisa menjadi tanda peringatan awal diabetes dan kanker

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria menjulurkan lidahnya. Warna lidah dapat menjadi pertanda awal penyakit seperti kanker dan diabetes.
Foto: www.freepik.com
Seorang pria menjulurkan lidahnya. Warna lidah dapat menjadi pertanda awal penyakit seperti kanker dan diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli kesehatan percaya bahwa warna lidah bisa menjadi tanda peringatan awal dari penyakit serius seperti kanker atau diabetes. Tim peneliti dari Harvard mengatakan lidah dapat mengungkap banyak hal tentang kesehatan seseorang.

Tampilan, warna, hingga tekstur lidah bisa dicermati untuk mengetahui penyakit tertentu. Dalam sebuah artikel ilmiah terbaru, para ilmuwan menyimpulkan bahwa lidah seharusnya memiliki bentuk melengkung dan simetris. Normal juga jika ada lapisan putih di lidah.

Baca Juga

"Umumnya lidah berwarna merah muda terang, meskipun beberapa orang mungkin memiliki pigmentasi ungu atau cokelat pada populasi Afrika, Asia, dan Mediterania," kata peneliti dalam paparan studinya, dikutip dari laman Express, Selasa (1/5/2024).

Salah satu peneliti, Tien Jiang, yang merupakan odontolog di Departemen Kesehatan Mulut Masyarakat dan Epidemiologi di Sekolah Kedokteran Gigi Medis Harvard, menjelaskan perihal lapisan putih di lidah. Itu berasal dari protein resisten yang disebut keratin.

Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa warna lidah bisa bergantung pada apa yang dimakan seseorang. Hal ini disebabkan oleh benjolan di lidah yang disebut papila, yang menyerap warna dan residu dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement