Kamis 11 Jan 2024 00:09 WIB

1 dari 7 Perempuan Korea Usia 20-an Underweight, Ada Kaitannya dengan Standar Kecantikan?

Kekurangan berat badan dapat membawa risiko kesehatan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Menimbang berat badan (ilustrasi). Makin banyak perempuan Korsel, terutama yang lebih muda, merasa terdorong untuk menurunkan berat badan mereka karena persepsi citra tubuh yang tidak akurat.
Foto:

Selain itu, lebih dari separuh wanita dengan BMI yang sehat (18,5 hingga 23) dilaporkan mencoba menurunkan berat badan. Kecemasan muncul karena kekurangan berat badan dapat membawa risiko kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, malanutrisi, anemia, dan osteoporosis.

Wanita dengan berat badan kurang juga rentan mengalami masalah reproduksi, seperti keguguran berulang. Laporan tersebut juga menggarisbawahi perbedaan dalam sikap terkait berat badan antara gender.

Laporan mengungkap terjadi penurunan persentase pria yang mencoba menurunkan berat badan jika mengalami obesitas. Sementara itu, wanita lebih cenderung mencoba menurunkan berat badan, terutama dalam kondisi stres atau ketika merasa tidak sehat.

Para peneliti berharap hasil studi ini dapat mendorong edukasi yang lebih baik tentang citra tubuh yang sehat dan positif, serta merefleksikan kembali idealisme kecantikan yang ketat di masyarakat Korea. Studi ini menegaskan perlunya menyadari risiko kesehatan yang terkait dengan kekurangan berat badan, serta mengubah persepsi terhadap penampilan fisik menjadi lebih positif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement