Senin 12 Jun 2023 23:05 WIB

Tak Cuma Fisik, Berat Badan Ideal Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Dengan berat badan ideal diharapkan kondisi organ dalam tubuh kita juga sehat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Berat badan ideal (ilustrasi). Memiliki berat badan berlebih bahkan obesitas tidak baik untuk kesehatan fisik juga psikis.
Foto: www.freepik.com
Berat badan ideal (ilustrasi). Memiliki berat badan berlebih bahkan obesitas tidak baik untuk kesehatan fisik juga psikis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki berat badan berlebih bahkan obesitas tidak baik untuk kesehatan fisik juga psikis. Seseorang yang kegemukan rentan mengalami body shaming yang berujung pada depresi.

"Hal ini dapat membuat seseorang menjadi rendah diri, insecure, merasa tidak berharga, merasa tidak diterima, merasa tidak dicintai dan jika ditambah dengan faktor-faktor lain dalam dirinya, maka bisa menyebabkan depresi," kata praktisi psikolog keluarga, Nuzulia Rahma Tristinarum, kepada Republika.co.id, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga

Oleh karena itu, Lia mengatakan, ada baiknya Anda memiliki berat badan yang ideal. Dengan berat badan ideal, selain fisik Anda sehat, psikis juga ikut sehat.

Lia mengatakan jika berat badan ideal, dampak positifnya adalah kita bisa merasa lebih sehat, dapat terhindar dari body shaming terkait berat badan. Lia mengatakan, sebenarnya, hal yang baik dari berat badan ideal itu bukan karena bentuk badannya, tetapi yang terpenting dengan berat badan ideal diharapkan kondisi organ dalam tubuh kita juga sehat.

Selain itu, hormon-hormon dalam tubuh kita bekerja dengan baik sehingga efeknya bisa terhindar dari stres. Di samping itu, berat badan ideal juga membuat badan lebih segar, ringan dan kita mudah menjadi produktif.

"Dengan menjadi produktif maka kita akan semakin percaya diri dan merasa berarti," ujar Lia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement