Jumat 09 Jun 2023 16:11 WIB

Ceritanya tak Masuk Akal, Penonton tak Percaya Film Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Ada beberapa film yang membuat penonton tak percaya itu merupakan kisah nyata.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Adegan film Midway. Midway menjadi salah satu film yang memiliki alur tak masuk akal untuk sebuah film yang diangkat dari kisah nyata.
Foto: Lionsgate
Adegan film Midway. Midway menjadi salah satu film yang memiliki alur tak masuk akal untuk sebuah film yang diangkat dari kisah nyata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang, fakta terasa lebih aneh dibandingkan fiksi. Para pengguna Reddit baru-baru ini berkumpul di r/movies, subreddit film terbesar, untuk membahas film mana yang paling sulit dipercaya tetapi sebenarnya merupakan peristiwa nyata.

Pilihan mereka berkisar dari film tentang penyimpangan perusahaan yang mengejutkan, biopik tentang pahlawan yang tidak dapat dipercaya dan penjahat yang tidak kompeten, hingga pemerintah yang membuat geram. Film-film ini menunjukkan, baik atau buruk, betapa luar biasanya dunia kita.

Baca Juga

Berikut daftar film yang dimaksud:

1. The Great Escape (1963)

 

photo
Salah satu adegan di film The Great Escape. - (United Artist)

 

Ini adalah film perang klasik tentang sekelompok tawanan perang sekutu selama Perang Dunia II. Steve McQueen berperan sebagai Kapten Virgil Hilts, seorang tahanan yang mendalangi upaya pelarian yang melibatkan terowongan rahasia dan banyak nyali. Film ini sangat fiksi, tetapi mengacu pada peristiwa nyata.

“Karakter Steve McQueen sebenarnya adalah Jerry Sage, seorang agen OSS yang ditangkap di padang pasir yang mengambil jaket penerbangan seorang pilot (jika tidak, dia akan dieksekusi di lokasi),” kata Redditor rick7475. Tidak ada yang akan percaya bahwa pilot POW Amerika sebenarnya adalah mata-mata Amerika yang ditangkap tanpa diketahui oleh Jerman. 

2. Midway (2019)

photo
Adegan film Midway. - (Lionsgate)

 

Film ini menceritakan beberapa momen penting dalam pertempuran Midway, salah satu pertempuran laut terpenting dalam Perang Dunia II. Pemeran ansambel termasuk Ed Skrein, Patrick Wilson, dan Woody Harrelson, yang menghadapi ancaman mengerikan dan melakukan prestasi yang tampak lebih seperti sesuatu dari buku komik.

“Saya pikir pasti Roland Emmerich telah mengambil beberapa kebebasan sejarah. Ada adegan di mana Enterprise diserang dan karakter Nick Jonas (seorang mekanik) melompat ke posisi penembak kursi belakang dari seorang pembom yang sedang parkir dan menembak jatuh seorang pembom Jepang, yang hampir menabrak pesawatnya. Ternyata itulah yang terjadi,” kata pengguna Darmok47.

3. Dark Waters (2019)

photo
Salah satu adegan di film Dark Waters. - (Focus Features)

 

Mark Ruffalo membintangi film thriller hukum ini sebagai Robert Bilott, seorang pengacara yang menangani perusahaan DuPont setelah perusahaan itu mencemari kota kecil dengan bahan kimia beracun. Ini adalah film yang dibuat dengan baik, layak ditonton, dan menampilkan kisah yang mengejutkan. Skala polusinya sangat mencengangkan.

“Mempelajari bahwa DuPont telah meracuni publik sejak PD2 dengan PFOA terlalu ekstrim. (Saya) pikir itu pasti dibesar-besarkan. Tapi tidak, itu hanya menakutkan,” kata Redditor Domermac. “Antara Dark Waters dan Foxcatcher, Mark Ruffalo suka membintangi film tentang betapa jahatnya DuPonts,” kata pengguna Ed_Durr.

Selain itu, ada film Apollo 13 (1995) dan Hacksaw Ridge (2016)...

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement