Sabtu 04 Nov 2023 22:00 WIB

Cegah Diabetes yang Bisa Picu Berbagai Komplikasi dengan Cara Ini

Penyakit diabetes dapat dicegah sejak dini dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Diabetes (ilustrasi). Penyakit diabetes dapat dicegah sejak dini dengan mulai menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup yang sehat.
Foto: www.freepik.com
Diabetes (ilustrasi). Penyakit diabetes dapat dicegah sejak dini dengan mulai menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup yang sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes adalah salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Karena itu, cara terbaik untuk terhindar dari diabetes adalah mencegahnya sebelum diabetes muncul. 

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Eka Hospital BSD, dr Bayushi Eka Putra, Sp.JP, FIHA menjelaskan penyakit diabetes dapat dicegah sejak dini dengan mulai menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti:

Baca Juga

1. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal, obesitas menjadi salah satu faktor risiko yang paling tinggi untuk menyebabkan diabetes pada seseorang. Mengelola berat badan secara ideal dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan perbanyak aktivitas fisik.

2. Membatasi asupan gula

Membatasi asupan gula harian dalam sehari, asupan gula yang terlalu sering dapat menyebabkan tubuh terlalu sering memproduksi insulin yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Batasi gula sebanyak 50 gram atau 4 sendok makan dalam sehari sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan gula berlebih.

3. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjaga kadar gula di dalam darah.

4. Membiasakan diri berolahraga

Membiasakan diri berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari, hal ini untuk membantu Anda membakar kandungan gula berlebih dalam darah sehingga penggunaan insulin untuk mengubah gula menjadi energi juga menjadi lebih efisien untuk tubuh.

5. Konsultasi

Selain itu, pastikan juga untuk konsultasikan diri Anda dan periksakan kondisi jantung anda setidaknya 1 sampai 2 tahun sekali, terutama jika Anda memiliki diabetes. "Bila anda tidak mengalami diabetes namun ada keluarga inti anda yang mengalami diabetes, ada baiknya dilakukan pemeriksaan screening status gula darah anda setiap tahun untuk memastikan anda terbebas dari kondisi diabetes," ujarnya. Diabetes dapat ditangani dengan baik apabila terdeteksi secara dini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement