Sabtu 16 Dec 2023 19:01 WIB

Meski Banyak Penundaan Film, Box Office Tahun 2025 Diperkirakan Capai Rp 31 Triliun

Penonton saat ini lebih selektif dalam memilih film.

Rep: Umi Nur Fadhilah  / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi bioskop. Pendapatan box office Hollywood pada 2025 diprediksi mencapai Rp 31 triliun.
Foto:

Penurunan jumlah rilis film layar lebar dari tahun ke tahun menjadi sorotan dalam presentasi National Research Group untuk tahun 2023 dan perkiraan tahun 2024 kepada klien, termasuk semua studio besar Hollywood. Data menunjukkan penurunan jumlah rilis lebar dari tahun ke tahun, dengan hanya sekitar 82 rilis besar yang direncanakan pada tahun mendatang, jauh dari perkiraan 97 hingga 99 pada tahun sebelumnya.

Meskipun penonton mulai kembali ke bioskop dalam jumlah besar, box office musim gugur dan awal musim dingin mengalami kesulitan. Pendapatan pada November turun 43 persen dari rata-rata lima tahun sebelum pandemi, mencatat persentase penurunan terburuk sejak pandemi. Keberhasilan film-film liburan akhir tahun diharapkan dapat mengisi celah, tapi ada ketidakpastian mengenai apakah mereka dapat menutupi defisit yang ada.

Para analis optimis melihat paruh kedua tahun 2024 dengan rilis seperti Deadpool dari Marvel yang belum diberi judul dan film animasi seperti Inside Out 2, serta Despicable Me 4. Namun, masih ada kekhawatiran terkait bioskop-bioskop tertentu yang mungkin tidak bertahan di tengah kondisi yang sulit ini.

Sementara para pemilik bioskop mengandalkan film-film liburan seperti Wonka, Aquaman and the Lost Kingdom, dan The Color Purple untuk meningkatkan pendapatan, tetap ada ketidakpastian mengenai bagaimana industri ini akan melanjutkan pemulihannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement