Rabu 24 Jan 2024 16:32 WIB

Lima Sekuel Ini Bisa Raup 1 Miliar Dolar AS Tapi tak Dibuat karena Banyak Pertimbangan

Film sebelumnya berhasil menghasilkan lebih dari 1 miliar dolar AS di box office.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Inception
Foto: Warner Bros
Inception

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak ide film sekuel yang diperkirakan bisa menghasilkan lebih dari satu miliar dolar di box office. Namun, potensi ini dilewatkan oleh beberapa sineas karena sejumlah pertimbangan.

Sekuel film yang berpotensi menghasilkan miliaran dolar, tapi tidak dibuat, menjadi tanda tarik-menariknya sisi kreatif dan komersial industri film. Memanfaatkan kesuksesan film-film sebelumnya, mesin sekuel Hollywood ini secara konsisten menghasilkan miliaran dolar tindak lanjut di abad ke-21. 

Baca Juga

Di sisi lain, bahkan beberapa sekuel yang paling sukses secara komersial juga gagal memenuhi ekspektasi penonton dan kritikus film. Apa pun masalahnya, meskipun semua konsep sekuel ini berpotensi menjadi blockbuster, kemungkinan besar konsep tersebut tidak akan pernah dibuat. 

Berikut daftar film yang bisa menghasilkan cuan tapi tak kunjung dibuat seperti dilansir dari laman Screen Rant, Selasa (23/1/2024).

 

1. Inception 2

  • Inception (2010), Box Office Global: 839 juta dolar AS
  • Tanggal rilis: 16 Juli 2010
  • Sutradara: Christopher Nolan
  • Pemeran: Tom Hardy, halaman elliot, Joseph Gordon-Levitt, Cillian Murphy, Ken Watanabe, Marion Cotillard, Leonardo DiCaprio
  • Durasi: 148 menit

The Dark Knight dan The Dark Knight Rises dua sekuel dalam filmografi sutradara Inception Christopher Nolan. Itu terwujud karena Nolan dan aktor Christian Bale sudah memiliki rencana untuk trilogi tersebut. Meskipun Nolan sendiri menghindari berkomentar, diasumsikan bahwa Inception 2 tidak akan pernah terjadi karena cerita aslinya sudah terikat dengan rapi. Untuk menggarap sekuel tersebut, dibutuhkan ide cemerlang terutama karena Nolan juga memiliki proyek lain.

2. Titanic 2

  • Titanic (1997) Box Office Global: 2,264 miliar dolar AS
  • Tanggal rilis: 19 Desember 1997
  • Sutradara: James Cameron
  • Pemeran: David Warner, Kathy Bates, Billy Zane, Bill Paxton, Bernard Hill, Kate Winslet, Leonardo DiCaprio, Gloria Stuart, Frances Fisher, Victor Garber
  • Durasi: 3 jam 14 menit

Banyak film tiruan mencoba memanfaatkan ketenaran Titanic yang memecahkan rekor box office. Jika Titanic dibuat sekuel oleh James Cameron, tentu masih berpotensi melampaui kesuksesan film pertama. Namun, Cameron tidak menerima gagasan tersebut dan juga tidak berkomentar panjang lebar tentang kemungkinan Titanic 2 karena jelas bahwa ceritanya berakhir dengan Titanic.

Satu-satunya materi nyata yang tersisa untuk sekuel ini adalah kehidupan Rose setelah film pertama, yang belum cukup menarik minat publik untuk pembuatan sekuel. Terlebih lagi Cameron saat ini jauh lebih fokus untuk seri Avatar.

Spider-Man 4....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement