Rabu 24 Jan 2024 13:46 WIB

Deretan Film Terbaik yang Dibintangi Aktor Alan Rickman, Sang Pemeran Profesor Snape

Alan Rickman telah membintangi 45 film dan 15 acara televisi.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Alan Rickman saat berperan sebagai Profesor Snape di film Harry Potter
Foto: bbcamerica.com
Alan Rickman saat berperan sebagai Profesor Snape di film Harry Potter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendiang aktor Alan Rickman memiliki karier yang membentang selama empat dekade. Pemeran asal London, Inggris, itu berpulang pada 14 Januari 2016, namun sosoknya yang telah tampil di lebih dari 45 film dan 15 acara televisi selalu terkenang.

Setiap tokoh yang diperankan Rickman menunjukkan bakat akting yang tidak main-main. Rickman adalah bintang besar yang bisa memainkan berbagai genre film. Berikut deretan film terbaik yang dia bintangi, dikutip dari laman ScreenRant, Rabu (24/1/2024). 

Baca Juga

1. Die Hard (1988)

Film ini menjadikan tokoh utamanya, Bruce Willis dan Alan Rickman, menjadi bintang internasional, sebab keduanya memang menciptakan karakter unik yang menarik untuk ditonton. Hans Gruber yang diperankan Rickman adalah kebalikan sempurna dari John McClane yang diperankan Willis.

 

photo
Alan Rickman di film Die Hard - (Time.com)

Rickman membuat sosok antagonis Hans Gruber begitu elegan dan kejam di saat yang sama, sehingga sulit dipercaya bahwa Die Hard adalah film perdananya. Dia berhasil menunjukkan kepada Hollywood kemampuannya lewat peran ini, tetapi setelahnya terus melampaui ekspektasi.

2. Sense and Sensibility (1995)

Dalam film adaptasi Jane Austen ini, Rickman berperan sebagai Kolonel Brandon yang pendiam, kekasih dari Marianne Dashwood (Kate Winslet). Ini adalah salah satu peran Rickman yang paling penuh gairah, emosional, dan memiliki cinta yang mendalam. 

Sense and Sensibility menunjukkan bakat Rickman secara maksimal untuk peran di genre drama. Film itu pun menghasilkan banyak nominasi dan penghargaan bergengsi, di mana Rickman menerima nominasi BAFTA sebagai aktor pendukung terbaik.

3. Harry Potter and The Sorcerer's Stone (2001) 

Salah satu peran Rickman yang paling terkenal adalah sebagai Profesor Severus Snape di waralaba film Harry Potter. Dia mulai memerankan tokoh yang memiliki dimensi karakter berlapis itu sejak judul film pertama, Harry Potter and The Sorcerer's Stone (2001).

Hingga film terakhir, Harry Potter and The Deathly Hallows: Part 2 (2011), Rickman berhasil mempertahankan kedalaman karakternya. Sebenarnya, usia sang aktor jauh lebih tua daripada karakter Snape dalam novel, namun Rickman berhasil mengatasi kesenjangan usia tersebut.

Love actually....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement