Jumat 02 Feb 2024 23:44 WIB

Berapa Usia Setiap Profesor Saat Harry Potter Cs Bersekolah di Hogwarts?

Orang-orang di Dunia Sihir jauh lebih tua daripada kelihatannya.

Rep: Rahma Sulistya  / Red: Friska Yolandha
Film Harry Potter
Foto: Warner Bros Pictures
Film Harry Potter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seri film Harry Potter memiliki sejumlah besar karakter, dan beberapa di antaranya yang paling penting adalah para profesor Hogwarts. Karakter-karakter ini tidak hanya mengajari Harry sebagian besar pengetahuannya tentang sihir, tetapi mereka juga menjadi mentor, figur orang tua, dan pada akhirnya, sekutu melawan kekuasaan gelap Lord Voldemort.

Namun, banyak orang mungkin bertanya-tanya berapa usia sebenarnya karakter-karakter tersebut karena di buku jarang dibicarakan. Orang-orang di Dunia Sihir jauh lebih tua daripada kelihatannya, karena orang-orang ajaib itu hidup lebih lama.

Baca Juga

Albus Dumbledore, misalnya, meninggal ketika dia berusia 115 tahun, usia yang relatif muda untuk seorang penyihir. Lalu Nicholas Flamel dan istrinya hidup lebih dari 600 tahun berkat Batu Bertuah, tapi penyihir biasa bisa hidup antara 150 hingga 200 tahun.

Trolley Lady, misalnya, berusia sekitar 190 tahun. Namun salah satu alasan mengapa staf Hogwarts begitu terampil adalah karena mereka memiliki pengalaman puluhan tahun yang mendukung mereka dan masih banyak lagi yang akan datang.

1. Cuthbert Binns 

Profesor Cuthbert Binns bisa dibilang adalah guru Harry yang paling membosankan di Hogwarts. Binns adalah hantu dengan suara monoton dan penjelasan panjang lebar tentang sejarah sihir, sehingga mata pelajarannya menjadi salah satu yang paling tidak disukai di sekolah.

Profesor Binns meninggal karena usia tua setelah mengajar selama beberapa tahun. Namun, alih-alih pindah ke akhirat, dia terus mengajar di kelasnya seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Hanya ada sedikit detail tentang kehidupan Binn, sehingga usianya tidak jelas. Tetap saja, dia sudah sangat tua ketika meninggal, dan penyihir memiliki harapan hidup lebih lama daripada Muggle. Dalam kasus Binns, usianya bisa mencapai 150 tahun saat meninggal. 

Beberapa penggemar percaya bahwa dia hidup pada abad ke-19 karena buku yang dia gunakan untuk mengajar di kelas, A History of Magic, ditulis oleh Bathilda Bagshot, yang lahir pada 1873. Dia tidak mungkin lebih tua dari Bathilda, namun tidak ada keraguan bahwa Binns adalah profesor tertua di Hogwarts.

2. Albus Dumbledore

Meskipun Albus Dumbledore adalah salah satu penyihir paling cerdas, berbakat, dan bijaksana di generasinya, dia memutuskan untuk mengabdikan hidupnya untuk pendidikan daripada mengejar kejayaan dan ketenaran. Dumbledore adalah profesor Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam selama bertahun-tahun.

photo
Aktor Michael Gambon ketika berperan sebagai Dumbledore di film Harry Potter. - (Dok. Warner Bros)
 

Ia juga menjadi Kepala Departemen Transfigurasi dan, akhirnya, menjadi Kepala Sekolah Hogwarts. Albus Dumbledore lahir pada Agustus 1881 dan dibunuh oleh Severus Snape pada 30 Juni 1997, ketika dia hampir berusia 116 tahun, yang tidak terlalu tua untuk seorang penyihir.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement