Selasa 20 Feb 2024 17:18 WIB

Lima Karakter Penguasa Kegelapan yang Populer di Film

Seperti halnya superhero, penguasa kegelapan identik dengan film itu sendiri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Sauron Eye di Film The Lord of the Rings.
Foto: New Line Cinema
Sauron Eye di Film The Lord of the Rings.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjahat secara historis telah menjadi bagian integral dari fiksi, dengan apa yang disebut sebagai para penguasa kegelapan. Sebutan ini menonjol sebagai salah satu kiasan terbaik untuk membangun musuh. 

Beberapa musuh ini identik dengan film mereka seperti halnya para pahlawan itu sendiri dan sering kali dikenang karena kecintaan mereka pada kejahatan. Arketipenya mungkin tidak serumit penjahat utama dalam film secara moral, tetapi itu tetap populer karena alasan yang baik. 

Baca Juga

1. Darth Sidious 

  • Dimainkan oleh: Ian McDiarmid 
  • Film: Star Wars Episode III: Revenge of the Sith
  • Skor Rotten Tomatoes: 79 persen

Dilansir CBC, Selasa (20/2/2024), Darth Sidious memulai hidup sebagai Sheev Palpatine, seorang politisi ambisius dari Naboo. Kemudian, dia bertemu dan belajar dibawah bimbingan Sith Lord yang kuat, Darth Plagueis. Setelah membunuh tuannya, seperti yang biasa terjadi pada Sith, Palpatine mengembangkan ambisinya, akhirnya menjadi Supreme Chancellor of the Republic. 

 

Jika kekuatan Sith milik Sidious tidak cukup untuk menjadikannya penguasa kegelapan terhebat di bioskop, komandonya atas militer Galactic Empire yang tak tertandingi mungkin bisa menjadi penentunya. Dengan gabungan kekuatan Sith, sang tiran menguasai galaksi dengan tangan besi selama beberapa dekade dan mampu menjatuhkan Jedi dan memaksakan kehendaknya pada seluruh galaksi. 

2. Sauron

  • Dimainkan oleh: Alan Howard (suara)
  • Film: Lord of the Rings: Fellowship of the Ring
  • Skor Rotten Tomatoes: 91 persen

Awalnya adalah pelayan Melkor yang korup, Sauron menjadi musuh terbesar Middle-Earth di Third Age. Setelah menuangkan esensi gelap dan kekuatan ke dalam One Ring, dia kehilangan wujud jasmani setelah kekalahannya di tangan-tangan Isildur. Selama trilogi Peter Jackson, Sauron malah mengambil wujud Great Eye, bola mata menyala yang tergantung di atas benteng penjahat, Barad-dur. 

Sebagai Maiar yang jatuh, Sauron adalah salah satu makhluk paling kuat di Middle-Earth. Jika dia mendapatkan wujud jasmani lagi, dia bisa mengantarkan era kegelapan baru ke dunia, dan mengumpulkan semua makhluk jahat ke dalam komandonya. Bahkan dalam waktu yang terbatas, penjahat tersebut diperlihatkan dalam pertempuran, dia praktis tidak dapat dihentikan oleh para Elf atau manusia. 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement