Selasa 26 Sep 2023 16:09 WIB

The Nun II Pimpin Box Office Kalahkan Expend4bles

Film The Nun II kembali menduduki puncak box office.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Nun II. The Nun II mantap berada di puncak box office.
Foto: dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Nun II. The Nun II mantap berada di puncak box office.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Box office sedang mengalami "musim kemarau" panjang. Sebelumnya, pendapatan kotor akhir pekan menyentuh angka terendah tahun ini sebesar 62,4 juta dolar AS (Rp 964 miliar). Pada akhir pekan kemarin merosot lebih rendah lagi, menjadi hanya 49,1 juta (Rp 758 juta) yang secara resmi menobatkannya sebagai titik terendah untuk box office pada 2023. 

Dilansir laman Collider pada Selasa (26/9/20223), film Expend4bles merupakan penayangan perdana terbesar pada akhir pekan, namun gagal dengan hanya meraup 8,3 juta dolar AS (Rp 128 miliar) pada debutnya. Sementara itu, film The Nun II kembali menduduki puncak dengan 8,4 juta dolar AS (Rp 129 miliar) di dalam negeri. Sementara itu, A Haunting in Venice bertahan di posisi ketiga, menambah total 6,3 juta dolar AS (Rp 97 miliar).

Baca Juga

Berikut ini tiga urutan film di box office:

1. The Nun II masih jadi pemimpin box office

Di tengah kekeringan box office ini, Valak melesat dalam pekan ketiga berturut-turut di puncak box office. The Nun II yang menampilkan Taissa Farmiga sekali lagi menghadapi makhluk iblis, mencetak 8,4 juta dolar AS (Rp 129 miliar) di dalam negeri, menjadikan total domestiknya menjadi 69,2 juta dolar AS (Rp 1 triliun).

Di ambang pencapaian domestik lainnya, film terbaru di dunia The Conjuring Universe ini melampaui pencapaian global yang signifikan setelah melampaui 200 juta dolar AS (Rp 3 triliun). Tampaknya tidak mungkin untuk mengejar pendahulunya, tetapi dengan pendapatan 204 juta dolar AS (Rp 3,1 juta), sekuel spin-off ini akan segera menaiki beberapa anak tangga di tangga waralaba karena ia mengincar untuk melampaui Annabelle Comes Home dengan 231,3 juta dolar AS (Rp 3,5 triliun) secara global.

2. Expend4bles gagal dalam debut domestiknya

Setelah hampir 10 tahun menjauh dari layar lebar, The Expendables tidak mendapatkan hasil yang mereka harapkan. Film ini awalnya diproyeksikan menghasilkan antara 15 juta dolar AS (Rp 231 miliar) dan 17 juta dolar AS (Rp 263 miliar). Namun pada kenyataannya, Expend4bles mendapat sambutan dingin secara kritis dan finansial dengan hanya 8,3 juta dolar AS (Rp 128 miliar) sepanjang akhir pekan. 

Untuk konteksnya, The Expendables 3 telah menetapkan standar rendah hanya sebesar 15,8 juta dolar AS (Rp 244 miliar) yang berarti semua tanda mengarah ke kegagalan besar. Belum ada kabar pasti mengenai angka box office global dari film tersebut.

3. A Haunting in Venice

Yang berada di urutan tiga teratas adalah A Haunting in Venice karya Kenneth Branagh yang menghasilkan 6,3 juta dolar AS (Rp 97 miliar). Film ini kini meraup pendapatan sebesar 25,3 juta dolar AS (Rp 391 miliar) di box office AS.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement